Home BERITA UTAMA Rapat Pleno Terbuka KPUD Dairi Penetapan Kursi Parpol & Caleg Terpilih

Rapat Pleno Terbuka KPUD Dairi Penetapan Kursi Parpol & Caleg Terpilih

49
0

SIDIKALANG (podiumimdonesia.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Dairi menggelar rapat pleno penetapan kursi Partai Politik (Parpol) dan Calon Legislatif (Caleg) terpilih anggota DPRD Dairi Pemilu 2019.

Bertempat gedung Balai Karina, Jalan Empat Lima, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Selasa (13/8/2019) sore.

Dihadiri Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu, Ketua DPRD Dairi Saban Sibarani, Bawaslu Dairi Maimanah Angkat, Kasat Intel Polres Dairi AKP Misrianto, M
Mewakili Kejari Johanes Pasaribu, serta perwakilan Parpol dan tamu undangan lainnya.

Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu saat membuka kegiatan menyampaikan, penetapan kursi Parpol dan Caleg terpilih ini sesuatu yang sangat bersejarah dan penting bagi masyarakat Kabupaten Dairi.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Dairi, saya sangat mengapresiasi setiap tahapan Pemilu yang telah diselenggarakan oleh KPU Dairi yang berjalan aman dan lancar,” kata Eddy.

Pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPR Povinsi dan DPR kabupaten/kota telah usai dilaksanakan. Semua berkat partisipasi aktif dan kerjasama semua pihak, khususnya para pejabat KPU, Bawaslu yang sepenuh hati dan bersungguh-sungguh melaksanakan tugasnya dan tanggungjawab dengan baik.

“Saatnya hari ini kita bersama-sama menghadiri kegiatan rapat pleno terbuka penetapan kursi Parpol dan Caleg terpilih,” ujar Eddy.

Ketua KPU Dairi, Freddy mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini untuk tahapan Pemilu 2019 adalah pada tahapan terakhir. Tahapan Pemilu dimulai pada Agustus 2017 dan berakhir di Agustus 2019.

“Sekitar dua tahun penuh kita jalan Pemilu 2019 ini, dinamikanya sudah sama-sama kita lihat, terutama waktu proses pemutahiran data pemilih, verifikasi Parpol, pendaftaran dan verifikasi para bakal calon anggota DPRD. Serta puncaknya kemarin pada 17 April adalah hari pemilihan.  Pada pleno 5 Mei 2019 lalu kita telah menetapkan perolehan suara untuk setiap Caleg DPRD dan untuk Parpol peserta Pemilu. Kemudian kita menjalani dinamika untuk konstitusi dan pada akhirnya hari ini kita bisa menlaksanakan untuk penetapan perolehan kursi Parpol dan juga penetapan anggota DPRD terpilih yang akan dilantik nanti pada periode 2019-2024,” sebut Freddy.

Golkar Kuasai Kursi Dewan

Dalam rapat pleno yang dibacakan oleh para komisioner KPU secara bergantian, Partai Golkar menempati posisi teratas dengan jumlah perolehan kursi sebanyak 9 kursi. Posisi Kedua terbanyak ditempati PDIP dan Partai Demokrat masing-masing memperoleh 5 kursi.

Disusul Partai Nasdem dan Partai Hanura masing-masing 4 kursi. Selanjutnya Partai Gerindra 3 kursi, Perindo 2 kursi, dan terakhir Partai  PKS, PAN dan PKB masing-masing meperoleh 1 kursi.

Untuk nama-nam anggota DPRD terpilih, dari Partia Golkar yakni, Depriwanto Sitohang, Lamasi saut Martua Simamora, Johanson Manik, Sabam Sibarani, Nurlinda Angkat, Lisbet Lumbantobing, Carles Tamba, Robianto Barus dan Johanes Gurning.

Dari PDIP, yakni Batara Armin Steve Sinaga, Hendra Chirstian Parlinggoman Tambunan, Idul Fitri Tarigan, Halvemsius Tondang dan Lamhot Edward Munthe.

Partai Demokrat, yakni Bona Hasudungan Sitindaon, Cipta Karo-karo, Wanseptember Situmorang, Rukiatno Nainggolan dan Mardaulat Girsang. Partai Nasdem, Nasib M Sihombing, Juangga Silaban, J. Putra Ginting dan Kian Munthe.

Partai Hanura, yakni Manat Sigalingging, Togar Pasaribu, Hadi Swarno Panjaitan dan Osman Sihombing. Dari Partai Gerindara, yakni Markus HE Sinaga, Rade Pandapotan Simamora, dan Trasiden Damanik.

Partai Perindo, yakni Radeanto Banjarnahor dan Ewin Raiden Lumban Gaol. Dari PAN, yakni Riduan Hasbi Sagala. Dari PKS, Jono Pasi. Dari PKB yakni, Alfriansyah Ujung.

Selanjutnya menurut Freddy,  hasil penetapan perolehan kursi Parpol dan nama-nama anggota legislatif terpilih nantinya akan diserahkan kepada Gubernur Sumatera Utara melalui Bupati Dairi, sebagai laporan guna persiapan pelantikan pada bulan Oktober 2019 menadatang. (pi/gun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here