Home DAERAH Banjir Bandang Landa Kabupaten Toba: 3 Rumah Rusak, Sawah Warga Hancur

Banjir Bandang Landa Kabupaten Toba: 3 Rumah Rusak, Sawah Warga Hancur

39
0

TOBA (podiumindonesia.com)- Banjir bandang terjadi di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Senin (15/8/2022) malam. Batang-batang kayu besar terbawa arus dari sungai Pokkahan Jangga Dolok.

Warga mengakui banjir bandang diakibatkan karena tingginya curah hujan. “Banjir yang disertai material gelondongan kayu yang terbawa arus dari hutan, sempat tersangkut di bawah jembatan. Sehingga, air sempat keluar dari alur sungai, dan sempat mengarah ke rumah warga,” sebut Jasmin Manurung, Selasa (16/8/2022).

Disebutkan, banjir juga menyapu tiga rumah milik Ernita boru Manurung (37), P Tambunan (47) dan R boru Silitonga. Selain rumah terdampak banjir, ada juga areal perladangan dan sawah milik warga yang disapu oleh banjir tersebut. Belum diketahui berapa luas yang terkena sapuan banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba, Pontas Batubara, saat dikonfirmasi mengatakan ketika mengetahui peristiwa tersebut pihaknya langsung turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi warga dan pembersihan material banjir.

“Sampai tengah malam kami di sana untuk melakukan pembersihan dan juga di belakang kantor Camat Lumbanjulu. Kami sudah mendirikan posko disana dan mengarahkan warga yang kena dampak, untuk istirahat disana,” ucap Pontas Batubara. (mto/nt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here