Home OLAHRAGA Prediksi UCL, Barcelona VS Viktoria Plzen: Ganasnya Lewy

Prediksi UCL, Barcelona VS Viktoria Plzen: Ganasnya Lewy

44
0

MEDAN (podiumindonesia.com)- Robert Lewandowski telah memperlihatkan tajinya selama berseragam Barcelona. Namun sepertinya pria Polandia yang biasa disapa Lewy ini merasa belum puas. Nah, pada matchday 1 Grup C Liga Champions 2022/2023, di Camp Nou, pasukan Blaugrana ini kedatangan tamu Viktoria Plzen , Kamis (8/9/2022) pukul 02.00 WIB. Bisa jadi anak asuk Michal Bilek ini bakal jadi sasaran empuk bagi Lewy.

Hingga jornada ke-4 LaLiga Spanyol 2022/2023, Barcelona tampil produktif. Total 11 gol berhasil disarangkan Blaugrana, menyamai perolehan Real Madrid selaku pemuncak klasemen.

Ketajaman Barcelona di LaLiga musim ini terkait erat dengan kontribusi Lewandowski, striker baru yang didatangkan dari Bayern Munchen. Lewandowski sudah 5 kali membobol gawang lawan saat bermain
untuk Barcelona di Liga Spanyol.

Jumlah gol tersebut membuat Lewandowski menjadi top skor klub. Performa maksimal sang striker tentu diharapkan membantu Barcelona mengatasi perlawanan Viktoria Plzen di laga UCL pekan ini. Barcelona belum
menemukan pengganti yang terbilang sepadan.

Musim lalu, hanya Memphis Depay yang menjadi pilihan utama untuk mengemban peran selaku juru gedor utama gawang lawan. Namun, torehan gol pemain Timnas Belanda ini hanya menyentuh angka 13 sepanjang musim. Dia pun cuma menempati urutan ke-10 dalam daftar top skor LaLiga 2021/2022 (12 gol).

Kedatangan Robert Lewandowski sejak 19 Juli 2022 ke Barcelona memberikan angin segar bagi lini serang sang raksasa Catalan. Meski usia Lewandowski sebagai pesepakbola tak muda lagi, yaitu 34 tahun, ia terbukti mampu menjawab masalah Barca dalam penyelesaian akhir.

Lewandowski sempat melempem ketika 5 kali bermain dalam uji tanding pramusim. Ketika turun di laga perdana LaLiga, ia juga gagal mengonversi peluang saat Barca ditahan Rayo Vallecano dengan skor 0-0. Namun, keraguan terhadap Lewandowski mulai surut saat memasuki jornada 2 LaLiga.

Lewandowski mampu dua kali membukukan brace, masing-masing ke gawang Real Sociedad dan Real Valladolid. Terbaru, ia mencatatkan namanya di papan skor saat Barca menggasak Sevilla 3-0, pekan kemarin.
Performa impresif Lewandowski terekam dalam data statistik SpG (Shots per game), yakni rerata 4,5 tembakan per laga. Angka itu tertinggi di antara para pemain Barcelona.

“Memiliki Lewandowski di tim adalah sebuah berkah. Dia adalah contoh, dia memiliki kerendahan hati, dia bekerja untuk tim dan dia membantu staf pelatih,” kata Xavi Hernandes, pelatih Barca.

Pertahanan Viktoria Plzen bakal menjadi tantangan berikutnya bagi Lewandowski dan kolega. Dari 6 laga yang dijalani di kompetisi domestik, klub Liga Ceko itu terhitung kokoh karena mencatatkan rekor kebobolan terendah, yaitu 4 gol.

Baru-baru ini, Plzen juga menorehkan cleansheet 3 kali berturut-turut. Dalam 6 laga di Gambrinus Liga Cheko (1. Liga) musim 2022/2023, Plzen sudah meraih 5 kemenangan dan 1 hasil seri. Dalam 6 laga itu, Plzen membukukan 11 gol dan baru kebobolan 4 kali.

Capaian itu membuat Plzen saat ini menjadi pesaing terdekat Slavia Praha di puncak klasemen. Tim yang rancangan Michal Bílek ini lolos ke fase grup UCL 2022/2023 lewat babak play-off. Plzen dipastikan melaju ke fase grup Liga Champion 2022/2023 usai unggul agregat 2-1 atas Qarabag, wakil dari Azerbaijan.

Catatan: 

Di atas kertas, Barcelona sangat difavoritkan menang. Dengan perbedaan kualitas skuad di antara keduanya, Barcelona seharusnya bisa melalui laga pertama ini tanpa kesulitan.

Barcelona musim ini sudah merombak skuad mereka. Franck Kessie, Raphinha, Jules Kounde, Hector Bellerin, Marcos Alonso, hingga Robert Lewandowski telah mereka datangkan. Sementara itu, sejumlah pemain, termasuk Pierre-Emerick Aubameyang dilepas ke klub lain.

Grup C adalah grup berat yang juga dihuni oleh Inter Milan dan mantan klub Lewandowski, Bayern Munchen. Bagi Plzen, ini adalah grup neraka. Laga pertama melawan Barcelona di Camp Nou diprediksi bakal menjadi
awal dari penderitaan panjang wakil Republik Ceko tersebut.

Susunan pemain utama Barca kemungkinan tidak jauh berbeda dari laga terakhir. Lewandowski masih diprioritaskan menempati pos ujung tombak Barca, ditemani Dembele dan Raphinha yang beroperasi di sisi sayap. Lini depan Blaugrana akan beradu dengan sektor belakang Viktoria Plzen. Sejumlah nama akan mengisi pos pertahanan Plzen, seperti Lukas Hejda dan Ludek Pernica.

Barcelona selalu menang dan selalu mencetak minimal 3 gol dalam 3 laga kompetitif terakhirnya. Barcelona mencatatkan 3 clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 4 laga kompetitif terakhirnya. Barcelona cuma menang 2 kali dalam 9 laga terakhirnya di Liga Champions.

Barcelona selalu clean sheet dalam 2 laga kandang terakhirnya di Liga Champions. Plzen selalu menang dalam 4 laga terakhirnya di semua kompetisi. Plzen tak terkalahkan dalam 12 laga terakhirnya di semua kompetisi. Plzen cuma menang 3 kali dalam 11 laga tandang terakhirnya di Liga Champions.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Balde, Garcia, Araujo, Kounde; Pedri, Frenkie de Jong, Gavi; Dembele, Lewandowski, Raphinha. (Pelatih: Xavi)

Viktoria Plzen (4-2-3-1): Stanek; Jemelka, Pernica, Hejda, Holik; Bucha, Kalvach; Mosquera, Sykora, Kopic; Chory. (Pelatih: Michal Bilek)

HEAD TO HEAD:
2 PERTEMUAN TERAKHIR:
02-11-2011 Plzen 0-4 Barcelona (UCL)
20-10-2011 Barcelona 2-0 Plzen (UCL).

5 PERTANDINGA TERAKHIR BARCELONA:
14-08-22 Barcelona 0-0 Rayo (La Liga)
22-08-22 Sociedad 1-4 Barcelona (La Liga)
25-08-22 Barcelona 3-3 City (Friendly)
29-08-22 Barcelona 4-0 Valladolid (La Liga)
04-09-22 Sevilla 0-3 Barcelona (La Liga).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR VIKTORIA PLZEN:
17-08-22 Qarabag 0-0 Plzen (UCL)
24-08-22 Plzen 2-1 Qarabag (UCL)
27-08-22 Budejovice 0-1 Plzen (Liga)
31-08-22 Plzen 3-0 Slovacko (Liga)
03-09-22 Liberec 0-1 Plzen (Liga).

STATISTIK:
BARCELONA Menang: 91%
Imbang: 6%
VIKTOR PLZEN Menang: 3%
SKOR: 3 – 0 (0 : 2 3/4). (nt/sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here