Home DAERAH BMKG Lakukan TMC Cegah Hujan Turun Saat Event F1H20 Berlangsung

BMKG Lakukan TMC Cegah Hujan Turun Saat Event F1H20 Berlangsung

31
0
Furqon Alfahmi, Sub Koordinator Bidang Analisis dan Prediksi Klimatologi Maritim saat menjelaskan kondisi terkini cuaca di sekitaran Danau Toba.

TOBA (podiumindonesia.com)- Berlangsungnya event F1H20 Power Boat di Balige, Badan Meteorologi dan Geo Fisika (BMKG) bertanggungjawab dalam menjaga dan memastikan cuaca berjalan baik selama event Formula1 Power Boat Lake Toba digelar mulai hari ini, Jumat (24/2/2023).

Koordinator Bidang Analisis dan Prediksi Klimatologi Maritim, Furqon Alfahmi mengatakan, informasi perkiraan cuaca dan gelombang di Danau Toba Balige dalam kondisi berawan namun aman untuk bertanding.

“Kalau kita lihat kondisi saat ini berawan, mulai pagi hingga sore berulang berawan, kemudian peluang hujan ringan hingga sedang terjadi pada saat sore hingga malam hari,” terang Furqon.

Berdasarkan data BMKG yang tampak pada LED TV di lokasi Media Center I, Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, informasi ketinggian gelombang di Danau Toba cukup rendah, dari ketinggal 0,1 hingga 0,4 Meter. Kondisi cuaca ini cukup mendukung untuk event F1H2O dan diperkirakan akan berlaku hingga 3 hari ke depan. Bila diperlukan, pihaknya akan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Untuk TMC sendiri, BMKG bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Jadi kita menerbangkan pesawat untuk menebarkan garam sehingga kejadian-kejadian hujan yang akan memasuki wilayah Balige di Danau Toba akan kita coba mengurangi dengan menebarkan garam tersebut dari pagi hari,” ucapnya.

TMC sendiri telah dimulai persiapan, pagi, siang sampai acara berlangsung. BMKG berfokus pada kondisi cuacanya pada saat ada awan-awan yang potensial, maka akan melakukan TMC di daerah tersebut.

“Jadi kalau kita melihat kalau ada potensi awan yang mulai pagi hari sudah mulai bertumbuh maka kita akan tuai awan tersebut dengan menebar garam itu. Tujuannya untuk mengurangi dampak ekstrim di daerah tersebut, awan-awan yang awalnya mau hujan di tempat ini kita coba semai di tempat lain sebelum memasuki wilayah Balige,” paparnya.

Memastikan semuanya berjalan aman, pihaknya menempatkan beberapa personil di seluruh wilayah Danau Toba untuk memantau awan di sekitar.

“Untuk penyemaian dimulai hari ini setelah memberikan informasi kondisi kerawanan di sekitar Danau Toba. Kita dibantu pesawat dari TNI dari Bandara Udara Suwondo Medan,” pungkasnya. (hotman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here