Kodam I/BB

Dandim 0201/BS Benahi Lapangan Benteng Untuk Ruang Terbuka Hijau di Medan

 


OKEBUNG|
Medan ibukota dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia menawarkan sejuta pesona bagi siapapun. Karena,selain dipenuhi gedung-gedung dan plaza yang menjulang tinggi,Medan yang memiliki beragam suku di Indonesia ini juga mempunyai sejuta wisata pesona kuliner yang lezat.Namun,ternyata masih ada yang kurang untuk melengkapi kota Medan,yakni “Ruang Terbuka Hijau”

“”Ruang Terbuka Hijau” tak jauh berbeda dengan Taman Hutan Kota.Kalau Taman Hutan Kota adalah sekelompok pohon yang tumbuh di dalam kota atau pinggiran kota yang ditanami berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sekeliling pemukiman. Hutan kota bisa merupakan hutan yang disisakan pada perkembangan kota atau sekelompok tanaman yang sengaja dibuat untuk memperbaiki lingkungan kota.

Memang saat ini kita yang hidup di Metropolitan sangat butuh dengan Hutan Kota .Karena untuk keseimbangan ekologi manusia dalam berbagai hal seperti, kebersihan udara, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, kehidupan satwa dalam kota dan juga sebagai tempat rekreasi. Hutan kota bisa mengurangi dampak cuaca yang tidak bersahabat seperti mengurangi kecepatan angin, mengurangi banjir, memberi keteduhan. Juga memberikan efek pengurangan pemanasan global.


Namun,lain halnya dengan “Ruang Terbuka Hijau”. Ruang Terbuka Hijau areal terbuka untuk olahraga ringan yang dikelilingi pepohonan yang rindang.Di Medan Lapangan Merdeka sebelumnya selalu digunakan untuk berolahraga karena tempatnya sejuk.Namum sejak banyak dikelilingi bangunan,kesejukan hilang dan saat ini banyak masyarakat yang beralih ke Lapangan Benteng Medan untuk olahraga sore.

“Medan perlu ada RuangTerbuka Hijau untuk kesehatan masyarakat yang aktif berolah raga.Selain itu,tempatnya juga harus bersih agar indah jika dipandang.Karena kebersihan pangkal kesehatan yang harus diutamakan,”ujar Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Bambamg Herqutanto kepada okebung.com usai olahraga sore di Lapangan Benteng Medan.

Disela-sela kesibukannya sebagai Dansatgas Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 99 Kodim 0201/BS,Kolonel Inf Bambang tetap mendukung program Pemko Medan salah satunya ia akan membuat Lapangan Benteng menjadi “Ruang Terbuka Hijau” di kota Medan yang ada taman-taman bermain anak-anak.Namun,para pedagang tidak dibenarkan ada disekitar lokasi dengan alasan akan membuat kekotoran areal “Ruang Terbuka Hijau”.

“Kita akan buat taman juga dan areal lapangan ini juga bisa dimanfaatkan untul olahraga lari sore,”sebutnya seraya mengatakan saat ini lihat saja sudah banyak masyarakat yang olahraga disini karena lokasinya bersih .

Berdasarkan amatan okebung.com, saat ini areal Lapangan Benteng banyak dibenahi sejak Komandan Kodim 0201/BS dijabat Kolonel Inf Bambang Herqutanto.Seperti dibenahinya bangunan dengan keramik,air dilancarkan dan rencana akan dibuat taman disudut lapangan.(Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button