OPINI

Dibanjiri Dukungan, (Sudah) Nyamankah Syah Afandin?

OLEH: Syah Parinduri

 

LANGKAT (podiumindonesia.com)- Di atas kertas Syah Afandin diprediksi mampu mengalahkan pesaingnya pada Pilbup Langkat 2024-2029 mendatang. Apalagi selama setahun lebih menjabat pelaksana tugas (Plt) Bupati Langkat, nama Syah Afandin kian menggema di pelosok Bumi Amir Hamzah ini.

Dukungan terus mengalir. Dari kalangan organisasi masyarakat, kaum ibu, perwiritan, serta tokoh-tokoh di Langkat. Sosok Afandin yang mencerminkan gaya dan penampilan sang abang, H Dato’ Sri Syamsul Airifn sangat melekat pada dirinya. Loyal, humanis, humoris dan hormat, demikian gambaran seorang pria yang kini berusia 57 tahun tersebut.

Nah, dengan meriahnya dukungan, akankah Syah Afandin kini nyaman? Satu sisi, ya pasti suami dari Ny Endang Syah Afandin ini tak perlu lagi berkeringat menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu. Tapi jangan lupa, di sisi lain kadang beda. Sebab keunggulan calon kepala daerah tak cuma dari ketokohan, massa dan kabar terpenting adalah dana.

Secara kasat mata sosialisasi dalam artian memberi kenyamanan di tengah masyarakat, itu pun tak perlu diragukan lagi bagi Syah Afandin. Menariknya lagi Syah Afandin yang akrab disapa Bang Ondim ini pernah bilang bahwa kantornya adalah ‘rumah’ bagi rakyatnya.

Dia tak pandang bulu menerima warganya yang ingin bertemu. Boleh dibilang bak ‘senasib sepenanggungan’, itu terlihat dari sejumlah kunjungan Bang Ondim di wilayah kerjanya. Gaung ‘Syah Afandin’ diharapkan kembali pimpin Langkat lima tahun ke depan, kerap terdengar. Begitu juga dengan doa-doa yang dipanjatkan masyarakat Kabupaten Langkat yang senantiasa ada di pertemuan.

Pertanyaannya selanjutnya yakni siapakah pendamping Syah Afandin di Pilbup mendatang? Saat ini terdengar cuma satu nama yang digadang-gadang bakal calon wakil-nya. Adalah Rizky Yunanda Sitepu. Politikus muda yang kini duduk sebagai Wakil Walikota Binjai, pun pernah terdengar di saat keriuhan Rizky, putra dari mantan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu seolah sudah fix.

Sang Ketua KNPI Kabupaten Langkat bukan sertamerta melenggang begitu saja, tapi cukup didukung massa. Sinyal Rizky dijodohkan dengan Bang Ondim, mungkin bukan sekadar isapan jempol belaka. Dari situ suara-suara sesumbar menyebut bahwa pasangan Bang Ondim-Rizky dinggap sangat layak dan merupakan kompetitor getol para lawannya nanti di Pilgub 2024.

Apalagi saat ini tengah jadi perbincangan bahwa tokoh muda (lagi) ambil bagian di Pilkada. Syah Afandin berusia 57 tahun didampingi Rizky Yunanda berumur 31 tahun, dinilai klop. Munculnya nama Syah Afandin-Rizky kini ‘mensumirkan’ kandidat lain yang akan bertarung di Pilbup Langkat 2024.

Meski ada nama Tiorita Br Surbakti yang notabene Ketua Golkar Langkat yang disebut-sebut bertandem dengan dokter Indra Salahuddin. Kemunculan nama Tiorita- Indra Salahuddin memang tak sepopuler Syah Afandin-Rizky. Tapi gerak Tiorita yang merupakan istri dari eks Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin, juga patut diantisipasi.

Mengapa? Pasalnya, di jajaran Tiorita ada nama Sribana Peranginangin yang juga adik kandung Terbit Rencana Peranginangin dan kini masih duduk sebagai Ketua DPRD Langkat. Otomatis kalau Tiorita maju di Pilbup Langkat, Sribana tak bakal tinggal diam melihat sang kakak ipar bertarung.

Sekarang kita tinggal menunggu perjalanan waktu sekira setahun lebih ke depan pertarungan sesungguhnya itu akan terhampar. Apakah Plt Bupati Langkat yang masa jabatannya habis pada akhir Desember 2023 nanti bisa melenggang ke kursi orang nomor satu di Bumi Amir Hamzah, ataukah tertikung oleh pesaing-pesaingnya? (***)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button