Kodam I/BB

KB Kes Kodam 1/BB dan BKKBN di Kodim 0110/TU

 

OKEBUNG|
Program KB-Kes kerjasama Kodam I /BB dengan BKKBN Provinsi Sumut  merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara Panglima TNI dengan Kepala BKKBN Pusat, dimana TNI turut terlibat dalam kegiatan program KB di Indonesia.

Pelaksanaan pencanangan Bakti Sosial TNI – KB- KESEHATAN Tingkat Provinsi SUMUT Tahun 2017 dilaksanakan diwilayah Kodim 0110/TU Desa Sibolahotang Kecamatan Balige Kabupaten TOBA SAMOSIR. Rabu (12 /07/2017)

Kegiatan Pencanangan Bakti sosial TNI – KB- KES dihadiri oleh Gubernur   Provinsi Sumatera Utara,yang mewakili Staf Ahli Pendidikan, mewakili Danrem 022/PT, Para Dandim jajaran Korem 022/PT dan 023/KS, Kepala Perwakilan BKKBN, Kakanwil Kementerian Agama, Kepala Dinas Jesehatan,Jepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut.

Selain itu ,Bupati Tobasa beserta Forkopimda Kabupaten Tbasa dan para kepala dinas kesehatan kabupaten/kota se-provinsi sumut,

Bupati Tobasa Ir Darwin Samosir mengatakan sangat bangga mendapat kehormaatan sebagai lokasi penyelenggara Bakti sosial TNI – KB- KESEHATAN Tingkat Provinsi SUMUT Tahun 2017. Terimakasih kepada pimpinan provinsi atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, mari kita sukseskan program kependudukan dan keluarga berencana dengan ber KB kesejahteraan dan kesehatan masyarakat lebih baik, “ ucap bupati

Danrem 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat membacakan amanat Pangdam I / BB Mayjen  TNI Cucu somantri  dalam sambutannya menyampaikan bahwa KEGIATAN PENCANANGAN PRO-GRAM KELUARGA BERENCANA MELALUI BAKTI SOSIAL TNI KB-KESEHATAN INI DILAKSANAKAN UNTUK MENGANTISIPASI AKIBAT PERUBAHAN LINGKUNGAN STRATEGIS DAN MEN-DUKUNG PERCEPATAN PENCAPAIAN SASARAN PROGRAM KB-KESEHATAN.” Ujar pangdam.

“PROGRAM KELUARGA BERENCANA ADALAH SALAH SATU ASPEK YANG MEMILIKI HUBUNGAN YANG SIGNIFIKAN DENGAN KESEHATAN DAN KESEJAH-TERAAN MASYARAKAT, APABILA PROGRAM KELUARGA BERENCANA TIDAK BERHASIL MAKA UNTUK MENATA KESEHATAN KEDEPANNYA AKAN MENJADI LEBIH SULIT, SEDANGKAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK BERPOTENSI KUAT MENJADI ANCAMAN NASIONAL JIKA TIDAK DIIMBANGI DENGAN PENINGKATAN KESEJAHTERA-AN MASYARAKAT.”  

“DI SISI LAIN, UPAYA PENINGKATAN LAPANGAN PEKERJAAN MASIH SULIT DILAKUKAN KARENA BERBAGAI FAKTOR, SALAH SATUNYA ADALAH MENINGKATNYA PERTUMBUHAN PENDUDUK USIA MASA KERJA YANG TIDAK SEBANDING DENGAN KETER-SEDIAAN LAPANGAN PEKERJAAN. DI SAMPING ITU MINIMNYA SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA YANG MEMILIKI DAYA SAING DALAM DUNIA KERJA DI ERA GLOBAL SAAT INI. OLEH KARENA ITU, PERLU ADANYA PERAN SERTA DARI SELURUH INSTITUSI PEMERINTAH DAN ELEMEN MASYARAKAT UNTUK SALING BEKERJA SAMA MENSUKSES-KAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA SECARA KONKRIT.”

“ KERJASAMA PROGRAM KB-KESEHATAN MERUPAKAN PROGRAM LINTAS SEKTORAL, DILAKSANAKAN SECARA TERPADU ANTARA UNSUR TNI DAN BKKBN SERTA BERBAGAI KEMENTERIAN/INSTANSI DAN ORGANI-SASI SOSIAL KEMASYARAKATAN, LSM, TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYA-RAKAT YANG MEMPUNYAI KOMITMEN KUAT UNTUK PEDULI PADA MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT. 

SEBELUM MENGAKHIRI SAMBUTAN INI SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI KEPADA SEMUA PIHAK YANG TELAH MENDUKUNG TER-SELENGGARANYA KEGIATAN PEN-CANANGAN BAKTI SOSIAL TNI KB-KESEHATAN INI.

MARI KITA LAKSANAKAN PROGRAM INI DENGAN DILANDASI OLEH NIAT YANG TULUS PENUH RASA TANGGUNG JAWAB YANG TINGGI. MANFAATKAN KEGIATAN INI SEBAGAI WAHANA UNTUK MEMBANGUN DAN MEMPERKOKOH SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATU-AN DEMI MASA DEPAN YANG GEMILANG UNTUK BANGSA DAN NEGARA.”  

Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan bantuan bibit jagung dan padi oleh Danrem 023/KS dilanjutkan dengan memberikan alat alat pertanian handtraktor kepada kelompok tani  oleh  Bupati tobasa.

Setelah kegiatan pencanangan Danrem 023/KS bersama Bupati Tobasa meninjau donor darah dan berangkat ke RS  HKBP Balige sebagai  Lokasi pelaksanaan Bhakti sosial TNI KB KES. ( penrem 023)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button