Kodam I/BB

Melalui Penghijauan,OKP, Mahasiswa dan Pramuka Turut Sukseskan TMMD Ke 99

 

OKEBUNG|
Melalui Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 99, Kodim 0201/BS mengjak angota OKP,mahasiswa/i ,Pramuka Saka Wira Karika dan elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan penghijauan disejumlah kawasan yang ada di Sicanang Belawan Medan Sumatera Utara (Sumut) dengan program non fisik penanaman 1500 pohon mangrove.Kegiatan ini sebagai bentuk wajud kepedulian TNI menjaga kelestarian lingkungan kawasan hutan bakau.

Penanaman pohon mangrove di lokasi program TMMD ke 99 tahun 2017, pada hari ke 12, menarik perhatian dari berbagai pihak. Pasalnya,penhijauan ini sangat baik dan memang perlu untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Aksi penghijauan di sekitar kawasan Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, puluhan orang dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) ikut ‘basah-basahan’ menanam bibit pohon mangrove.

Mereka (kelompok OKP) tampak kompak dan bersatu di program TMMD, walau berbeda seragam dan atribut. Adapun kelompok OKP yang ikut menanam pohon mangrove, yakni dari Pemuda Pancasila (PP), FKPPI, AMPI dan PPM.

“Tercatat ada 4 OKP yang ikut serta melakukan penanaman pohon, yakni PP sebanyak 25 orang, FKPPI ada 25 orang, AMPI 25 orang dan PPM juga 25 orang,” ujar Plh Pasi Intel Kodim 0201/BS, Kapten Kav Prima Wahyudi, Sabtu (15/7/2017).

TNI melalui Kodim 0201/BS mengajak semua pihak ikut terlibat menyukseskan program TMMD ke 99 tahun 2017. “Siapa saja yang ingin bergabung, silahkan. Mari kita sukses program TMMD di Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan ini,” ucapnya.

Selain para OKP, juga ikut terlibat puluhan mahasiswa dari 3 kampus dan anak-anak Pramuka serta masyarakat sekitar.Penanaman pohon mangrove ini adalag upaya TNI untuk melestarikan kawasan Belawan sekaligus menjaga terjadi abrasi akibat pasang air laut.

Menurutnya, penanaman pohon ini termasuk dalam program TMMD dalam pembangunan nonfisik bagi kawasan Kelurahan Belawan Sicanang. “Kita berharap, masyarakat dapat menjaga kelak keberlangsungan hidup pohon mangrove ini,” pintanya.
Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin beserta rombongan didampingi Dandim 0201/BS Kolonel Inf Bambang Herqutanto,Kasdim 0201/BS Letkol Inf Edison Sidabutar,Plh Pasintel Kodim 0201/BS,para perwira dan staf Kodim 0201/BS serta Danramil jajaran Kodim 0201/BS,bersama puluhan mahasiswa melakukan penghijauan dengan menanam 1500 Pohon Mangrove di kawasan sasaran fisik dan non fisik.

Seperti diketahui program TMMD ke 99 tahun 2017 adalah bentuk wujud pengabdian TNI kepada rakyatnya. Tugas mulia yang diamanah dalam program TMMD bertujuan dalam percepatan pembangunan di wilayah pedesaan terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal.(red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button