MoU Kejari Dengan Pemkab Dairi Panyelamatan Aset Daerah

SIDIKALANG (podiumindonesia.com)- Dalam upaya penyelamatan dan pemulihan aset pemerintah daerah, Pemkab Dairi dan Kejari Dairi sepakat menjalin perjanjian kerjasama di bidang hukum dan tindakan hukum lainnya, Senin (13/1/2020) lalu.

Melalui kerjasama ini, Kejari Dairi bersedia memberikan bantuan dan penyelesaian masalah hukum, baik di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di luar mau pun di dalam pengadilan, sebagai pemulihan dan penyelamatan aset Pemerintah Kabupaten Dairi meliputi pemberian bantuan hukum, pemberian pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain.

“Perjanjian kerja sama ini dilaksanakan selama dua tahun, terhitung sejak tanggal ditandatangani. Dapat pula diperpanjang atas kesepakatan kedua belah pihak,” kata Kasi Datun Kejari Dairi, Zulkarnain Harahap.

Kajari Dairi, Syahrul Juaksha Subuki SH MH pada kesempatan itu mengatakan, penyelamatan aset daerah, baik itu dalam bentuk barang bergerak maupun tidak bergerak merupakan perioritas atau atensi Kejaksaan.

“Saya kira ini langkah baru yang dipormulasikan Kajaksaan, karena ini salah satu pintu masuk juga dari kekayaan negara yang ada,” kata Syahrul. Disebutkan Syahrul, pada hari ini Bupati Dairi menginisiasi untuk meminta langsung kerjasama dengan pihak Kejaksaan. Dan Bupati meminta kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah untuk segera melakukan penyelamatan aset-aset yang ada.

“Untuk teknisnya nanti, Bupati mungkin pedomannya catatan dan kekayaan  daerah dari Badan Pengelolaan  Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Dairi,” sebutnya. Sementara Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang telah dilakukan dan sangat menyambut baik niat Kejaksaan RI soal melindungi kekayaan negara.

“Melalui kerjasama ini, saya merasa sangat nyaman, karna pihak dari Kejaksaan mengawal kerja Pemkab Dairi. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, silakan langsung koordinasi. Segera tindaklanjuti, jangan tunggu api semangat kerja sama ini padam,” ucap Eddy. Usai dilakukan penandatangan bersama, pihak Kejari dan Pemkab Dairi saling bertukar cendramata dan foto bersama. (pi/gun)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *