EKONOMI

Pelaksanaan Pojok Pajak Pemadanan NIK NPWP USU

 

MEDAN (podiumindonesia.com)- Fakultas Vokasi USU mengadakan sosialisasi Pemadanan NIK menjadi NPWP dan kegiatan Pojok Pajak Pemadanan NIK menjadi NPWP. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Tax Centre USU dan Program Studi Diploma III Adm Perpajakan Fakultas Vokasi USU dengan KPP Pratama Medan Polonia, Jumat (13/10/2023).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Vokasi USU M Husni Thamrin Nasution, Kepala Prodi D3 Administrasi Perpajakan USU Faisal Eriza, Sekretaris Prodi D3 Administrasi Perpajakan USU Henri Sitorus, Staf Tax Centre USU yang juga Pengurus DPP PERTAPSI Indra Efendi Rangkuti, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Medan Polonia Syahrul Mufti, Staf KPP Pratama Medan Polonia, Relawan Pajak Tax Centre USU dan para dosen serta tenaga kependidikan USU yang ingin melakukan pemadanan NIK Menjadi NPWP.

Mewakili Kepala KPP Pratama Medan Polonia Ka Sie Pelayanan KPP Pratama Medan Polonia Syahrul Mufti menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan USU untuk memfasilitasi dibukanya Pojok Pajak dan berharap dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh civitas akademika USU untuk melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.

Bagi KPP Pratama Medan Polonia, USU adalah mitra strategis dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.Dan kehadiran Pojok Pajak ini adalah bukti komitmen dari Kanwil DJP Sumut I khususnya KPP Pratama Medan Polonia dalam mempermudah masyarakat khususnya civitas akademika USU untuk memenuhi kewajiban perpajakannya secara baik, lengkap dan benar khususnya pemadanan NIK menjadi NPWP yang merupakan amanat dari UU No.7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Wakil Dekan I Faklutas Vokasi USU M Husni Thamrin Nasution mengucapkan terimakasih kepada KPP Pratama Medan Polonia yang telah bersedia memberikan sosialisasi tentang pemadanan NIK menjadi NPWP sekaligus memberi asistensi bagi dosen dan tenaga kependidikan USU yang akan melakukan pemadanan NIK menjadi
NPWP.

M Husni Thamrin Nasution juga berharap seluruh civitas akademika USU dapat memanfaatkan secara maksimal Pojok Pajak yang dibuka di USU ini untuk mengatasi kendala-kendala maupun kekurangpahaman dari para sivitas akademika USU yang ingin melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.

Mengingat batas akhir pemadanan NIK menjadi NPWP ini adalah 31 Desember 2023.Dan bagi yang belum melakukan pemadanan hingga batas akhir tersebut pada 2024 akan dikenakan pemotongan PPh Pasal 21 lebih besar 20%.

Kegiatan Pojok Pajak ini adalah bagian dari Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Perpajakan antara Universitas Sumatera Utara dan Kanwil DJP Sumut I yang ditandatangani pada 26 April 2021 lalu. Dalam kegiatan Pojok Pajak ini ada beberapa jenis pelayanan yang diberikan yaitu pengurusan E-Filing Identification Number (EFIN), bimbingan pengisian SPT PPh OP dan penyampaian SPT PPh OP secara elektronik melalui website http://www.djponline.pajak.go.id, pelayanan pemadanan NIK menjadi NPWP serta konsultasi perpajakan.

Kehadiran Pojok Pajak ini juga sangat membantu bagi warga USU karena warga USU cukup datang ke Aula Fakultas Vokasi USU untuk melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP tanpa repot ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.Apalagi banyak Wajib Pajak yang gagal ketika melakukan validasi secara mandiri karena data yang tidak sinkron antara yang terdata di NPWP dengan yang terdata di KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Kegiatan Pojok e-Filing berlangsung dari 13 Oktober 2023 di Aula Fakultas Vokasi USU jam 09.00-14.30 WIB. Dalam kegiatan ini pihak KPP Pratama Medan Polonia menerjunkan petugas palayanan dan penyuluh pajak dibantu mahasiswa USU yang menjadi Relawan Pajak di KPP Pratama Medan Polonia.Dalam kegiatan ini civitas akademika USU yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan cukup antusias melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.Demikian juga dengan warga sekitar USU yang juga turut memanfaatkan pelayanan di Pojok Pajak ini.

Sebelumnya dalam pada 20-21 Maret 2023 lalu juga digelar Pojok E-Filing yang merupakan kerjasama antara Tax Centre USU dan Program Studi Diploma III Adm Perpajakan Fakultas Vokasi USU dengan KPP Pratama Medan Polonia dan juga disambut antusias oleh civitas akademika USU dan warga sekitar USU. (win/ril)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button