DAERAHPENDIDIKAN

Plt Bupati Langkat: Jadilah Bidan Terhormat

Wisuda Akademi Kebidanan Langkat 2021-2022 & 2022-2023

 

LANGKAT (podiumindonesia.com)- Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH yang di wakilkan oleh Sekdakab Langkat H. Amril S.Sos M.AP menghadiri Wisuda Program Studi Diploma III Kebidanan, Akademi Kebidanan Langkat Angkatan XVIII TA 2021-2022 dan Angkatan XIX TA 2022-2023, di Hotel Madani Jalan Sisingamangaraja – Amaliun Medan, Rabu (30/8/2023).

Sekdakab Langkat H.Amril,S.Sos,M.AP menyampaikan ucapan selamat kepada para wisuda akademi kebidanan Langkat atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dengan sah telah menyandang gelar ahli madya kebidanan. Di mana dengan acara wisuda ini menandakan bahwa saudari tidak lagi sebagai mahasiswa yang penuh dengan tugas akademik, tetapi juga menandai bahwa saudari telah menyandang gelar yang membanggakan namun penuh dengan tanggung jawab baik moral spiritual mau pun intelektual.

“Jadikan kebanggaan hari ini sebagai motivasi yang kuat untuk menjadikan diri kita lebih baik lebih bermanfaat bagi setiap orang yang membutuhkan, karena hidup yang paling membahagiakan adalah ketika kita mampu membuat orang lain bahagia,” ujarnya.

Di samping itu hal yang perlu diingat, ujar Amril, adalah bahwa dalam hidup dan meraih sukses kita harus terus belajar menempatkan moral dan agama di atas segalanya, jadilah kalian bidan-bidang yang terhormat, pilihan-pilihan yang telah memberikan warna positif dimanapun kalian mengabdi.

“Saya yakin institusi D.lll kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat mampu menghasilkan bidan yang berkualitas dan mempunyai kompetensi tinggi di mana dengan peningkatan kompetensi yang dilakukan bagi para bidan diharapkan mampu mendukung pembangunan bidang kesehatan terkhusus di Kabupaten Langkat,” harapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa institusi pendidikan kesehatan berperan untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang handal di bidangnya, mulai dari seleksi calon mahasiswa menyediakan dosen sesuai kualifikasi menyelenggarakan proses pendidikan sesuai mutu serta memfasilitasi sarana dan prasarananya.

“Saya berharap wisudawan memiliki gagasan atau pemikiran baru yang dapat memajukan dan merubah perilaku masyarakat khususnya dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak sesuai dengan kewenangan seorang bidan,” ujarnya.

Laporan Direktur Akademi Kebidanan Langkat Alfi Laili, menjelaskan selama 21 tahun penyelenggaraan kebidanan akademik kebidanan Langkat telah meluluskan 1.463 dari 1638 mahasiswa yang diterima.

“Tahun ini akademik kebidanan Langkat meluluskan 39 orang dan di tahun 2022 akademi kebidanan Langkat telah meluluskan 5 orang bidan yang telah menjalani pendidikan selama 3 tahun atau 6 semester dengan 116 SKS di mana kegiatan pengalaman belajar dilakukan di kelas, laboratorium dan di lahan praktek,” jelasnya.

“Perlu saya laporkan bahwasanya mahasiswa yang berprestasi telah mendapatkan beasiswa baik itu dari institusi maupun dari Kemendikbud. Dan pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada bapak Ketua LL Dikti 1 Wilayah Sumut dan Bapak Prof.Dr.Djohar Arifin Husin selaku anggota komisi X DPR RI yang telah memberikan kepercayaan kepada institusi kami untuk pemberian beasiswa KIP kuliah,” ungkapnya.

Sebagai pengaplikasian kerjasama kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi maka telah dihasilkan 5 penelitian yang melibatkan wisudawan angkatan ke-18, dan 39 penelitian yang melibatkan wisudawan angkatan ke-19 di mana dengan dihasilkan 44 penelitian tersebut maka sasaran akademi kebidanan Langkat dengan melibatkan mahasiswa telah tercapai. (ril/pi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button