EKBISINTERNASIONAL

Punya Sejarah Panjang Islam, Spanyol Bisa Jadi Pasar Produk Halal Indonesia

JAKARTA (podiumindonesia.com)- Spanyol merupakan negara yang menarik untuk dijadikan pengembangan ekspor produk halal asal Indonesia, terlepas dari penduduknya dan wilayahnya yang kecil.

Negara yang memiliki luas sekitar pulau Sumatera ini memiliki sejarah peradaban Islam yang cukup panjang, yaitu sekitar 8 abad lamanya. Hal itu yang membuat masyarakat Spanyol cukup melekat dengan ke-Islam-an.

“(Dari) selera makan dan pakaian terasa sekali. Sampai sekarang, penyebutan nama-nama tempat, produk tertentu terasa sekali nuansa Arabnya,” ujar Duta Besar RI untuk Spanyol, Dr. Muhammad Najib lewat video di akun Youtube Wisma Duta RI Madrid, Sabtu kemarin.

Selain itu, Dubes Najib menekankan, meski memiliki jumlah penduduk yang kecil, Spanyol dapat dijadikan gerbang masuk ke Uni Eropa. Lantaran arus barang dan orang di Uni Eropa sendiri sudah tanpa imigrasi.

“Kalau mau masuk Spanyol jangan hanya lihat penduduk Spanyol. Karena Spanyol ini bagian dari Uni Eropa, apabila produk bapak/ibu sekalian bisa menembus Spanyol, maka berarti bisa masuk ke seluruh negara-negara di kawasan Uni Eropa ini,” jelas dia.

Di samping itu, Spanyol merupakan negara ekonomi terbesar ke-15 di dunia, dengan GDP per kapita mencapai 27 ribu dolar AS pada 2020. Hal ini membuat masyarakat Spanyol memiliki daya beli yang cukup tinggi. “Karena itu kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (rmol/nt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button