POLITIK

375 Bakal Calon Kades se-Langkat Ikuti Ujian Seleksi

 

Seleksi Kades-800x530

Langkat (PODIUM) – Menyusul akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap kedua, 28 April mendatang, Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa / Kelurahan ( PMDK ) Langkat menggelar ujian seleksi tahap ke- II untuk para bakal calon kepala desa di Gedung PKK Stabat, Senin (14/3/2016).

Ujian tersebut dipantau langsung oleh Bupati langkat H Ngogesa Sitepu SH yang datang didampingi Kajari Stabat Andri Ridwan, Sekda H Indra Salahudin, Asisten I Adm Pemerintahan Abdul Karim Kaban PMDK H Jaya Sitepu dan sejumlah SKPD dijajaran Pemkab Langkat.

Ketika ditanya, Ngogesa mengatakan, ini adalah langkah awal yang harus ditempuh para bakal calon kades untuk menduduki jabatan kepala desa.

Lanjutnya, seorang kades haruslah memiliki pemahaman serta pengetahuan yang luas, baik itu mengenai kepemimpinan (Leadership) atau Undang-undang Pemerintahan Desa.

“Karenanya, ujian seleksi perlu diikuti guna menambah wawasan bagi bakal calon kades jika lulus nantinya menjadi peserta Pilkades,” kata Ngogesa.

Ngogesa berharap, para peserta bakal calon Kades semangat untuk mengisijawaban, sehingga hasil akhir ujian seleksi berhasil dijawab dengan lancer dan benar.

Assiten I Adm Pemerintahan Abdul Karim mengungkapkan, sejauh ini, target Bupati Langkat H Ngogesa adalah pelaksanaan birokrasi yang baik dan disiplin, karenanya, ujian ini penting diikuti oleh para bakal calon Kades, sehingga setelah mengikuti ujian seleksi ini, mereka menyadari bahwa birokrasi di Desa juga penting mengingat desa saat ini adalah barometer kemajuan di Negara kita.

Selain itu, Karim juga mengatakan bahwa kelayakan seorang bakal Calon Kades akan terlihat dari ujian ini, untuk itu, diharapkan ujian ini menjadi momentum bagi para calon Kades meningkatkan pemahaman tentang Undang-undang desa.

“Jangan setelah menjadi Kades baru belajar, usahakan sebelum menjadi Kades sudah mempelajari dan memahami, sehingga target Pemerintah Daerah dan pusat tentang desa yang maju akan terpenuhi dengan kepemimpinan Kades yang baik,” harap Karim.

Kaban PMDK H Jaya Sitepu menyampaikan, bakal calon kepala desa yang mengikuti ujian seksi Sebanyak 375 orang dari 110 Desa dan 22 Kecamatan, ujian berupa ujian tertulis dan wawancara. Serta istri dan suami bakal calon juga turut diberikan wawancara.

Ujian dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 14 s/d 15 Maret 2016. dan Tim verifikasi berkas skaligus sebagai panitia berasal dari Universitas Sumatera Utara Medan.

Tim Verifisai Peniliai dan Staf di Badan PMDK Langkat akan melakukan penilaian secara objektif pada kegiatan ,jalannya pelaksanaan Ujian seleksi Bakal calon Kades tersebut akan diawasi aparat Kepolisian dari Polres dan Satpol PP Langkat. (PI – lk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button