EKONOMI

Kunjungi PLTU Pangkalan Susu, Faisal Hasrimy Akan Percepat Pemanfaatan Limbah FABA

 

PANGKALANSUSU (podiumindonesia.com) – Pj Bupati Langkat mengunjungi PLTU Unit bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu. Kunjungan ini terkait inovasi yang dibuat PLTU P.Susu untuk pemanfaatan limbah Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai bahan pembuatan batu bata, Kamis (29/2/2024).

Senior Manager PLTU Pangkalan Susu Yusrizal Zainuddin menjelsakan bahwa FABA itu sendiri dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti pasir dan semen dalam bahan baku pembuatan batu bata maupun sebagai bahan pembuatan jalan beton atau pun lainnya.

“Di sisi lain ini akan menguntungkan dari segi ekonomi dan berdampak baik dalam mengurangi limbah jika dilihat dari sisi lingkungan,” ucapnya.

Jika dikalkulasikan dari segi ekonomi, terangnya, misalnya dalam anggaran Rp 200 juta bisa menyelesaikan 200 M jalan beton, dengan menggunakan FABA bisa menyelesaikan 400 M jalan beton.

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mendorong kepala OPD Terkait untuk secepatnya menindaklanjuti kerjasama ini, karena ini berkaitan dengan limbah yang jika dibiarkan dan tidak termanfaatkan akan berdampak ke masyarakat disekitar PLTU.

“Secapatnya ini kita laksanakan disatu sisi kita mengurangi dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat, disisi lain kita juga membantu perekonomian masyarakat,” ucap Pj Bupati Langkat.

HM Faisal Hasrimy dengan pemerintah Kabupaten Langkat akan secepatnya menyusun komposisi yang tepat dan pengujian langsung bahan tersebut.

“Setelah pelaksanaan MoU, saya mendorong OPD terkait dalam satu bulan kedepan sudah ada contoh yang dibuat dari limbah FABA ini,” tegasnya.

Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy ingin mengembalikan kejayaan Pangkalan Susu di masa kepemimpinannya.

“Dengan ini kita jalankan nantinya akan berdampak ke perekonomian masyarakat pangkalan susu, sehingga kejayaan pangkalan susu dapat kembali,” ungkapnya.

Dari sini nantinya akan didapatkan isu pemberdayaan lingkungan. “Isu pemberdayaan masyarakat, CSR kita dapatkan. Ini bisa menjadi sebuah sinerji yang sangat baik antara pemerintah Kabupaten Langkat dengan PLTU UBP Pangkalan Susu,” pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H. Amril Nasution, S.Sos., M.Ap, Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung, S.STP, M.AP, Kadis PUPR Khairul Azmi, S.STP, Kadis Perindag Ikhsan Aprija, S.STP, M.Si dan Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun S.STP. (pendi/rel)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button