DAERAH

M Rusdi (Pedagang Air Nira): Benahi Infrastruktur, Bang Ondim Diyakini Mampu Dongkrak Perekonomian Pedesaan

Syah Afandin di Mata Warga Langkat (4)

 

LANGKAT (podiumindonesia.com)- Tetap ikhtiar dan berusaha serta dibarengi doa. Intinya jangan pernah menyerah. Apalagi selaku umat beragama meyakini bahwa semaunya itu telah digariskan oleh Allah SWT. Seperti itulah kiranya tertuang dari seorang pria 54 tahun yang seharinya berdagang Es Nira di Jalinsum Medan-Banda Aceh tepatnya di Pasar 2,5 Km, Kampung Kedondong, Desa Jentera Stabat, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat.

Sebenarnya, laki bernama lengkat Muhammad Rusdi ini dulunya adalah seorang penulis. Namun tiga tahun belakangan dia banting stir menjadi pedagang Es Niar. Alasannya untuk bedagang yakni demi menghidupi keluarga. Setiap hari Rusdi berangkat dari rumahnya di Dusun Pasar Batu, Desa Stabat, Kecamatan Wampu, membeli Es Nira di salah satu tempat di kawasan Stabat.

Setelah itu barulah dagangan itu dibawanya berjualan di pinggir jalan Jalinsum Medan-Banda Aceh. Pada suatu kesempatan, Rusdi berujar bahwa sebentar lagi masa jabatan Plt Bupati Langkat Syah Afandin telah habis. Tapi dia berharap Syah Afandin tetap memimpin Kabupaten Langkat di periode mendatang.

“Dukungan saya terhadap bapak Syah Afandin karena beliau itu orangnya dermawan. Suka membantu kaum lemah dan tidak memandang bulu siapa yang akan dibantunya,” lirih Rusdi yang mampu menjual 60 plastik Es Nira perharinya.

Memang, aku Rusdi, selama ini pusat perhatian Pemkab Langkat terhadap pengembangan sektor pariwisata. Dan masih sedikit memberi perhatian kepada kalangan UMKM, seperti dirinya sekarang yang berjualan Es Nira. “Mungkin pak Syah Afandin melihat bahwa sektor pariwisata lebih mendatangkan ‘dolar’ ketimbang UMKM. Tapi walau begitu Bang Ondim tidak sertamerta mengalihkan perhatian ke UMKM. Dan terbukti ada beberapa event UMKM yang diikuti Pemkab Langkat,” tukasnya, kemarin.

Nah, kata dia lagi, sejauh ini sektor infrastruktur terus digenjot Plt Bupati Langat Syah Afandin. Dengan maksud supaya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bisa dirasakan warga pinggiran. “Karena infrastruktur kan paling urgent. Kaum pedesaan, kalau infrastruktur dibenahi bisa meningkatkan perekonomian,” imbuh Rusdi yang sudah memiliki cucu ini.

Pun begitu, Rusdi berharap ke depan, apabila Syah Afandin kembali terpilih menjadi orang nomor satu di Pemkab Langkat, hendaknya lebih memusatkan perhatian ke kalangan UMKM. Paling tidak, katanya, adanya pinjaman lunak kepada pedagang yang seharinya mencari nafkah untuk kebutuhan hari itu juga. “Semoga Bang Ondim tetap sehat dan bisa terpilih lagi di periode mendatang,” pungkasnya. (pendi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button