Kodam I/BB

MELALUI TMMD,WUJUD MELESTARIKAN BUDAYA LUHUR BANGSA INDONESIA AKAN BANGKIT KEMBALI

 

OKEBUNG|
Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD bahwa mulai Tahun 2017 program TMMD yang semula diselenggarakan 2 kali dalam setahun, ditambah menjadi 3 kali. Hal ini dilakukan selain sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu akselerasi program pembangunan diwilayah-wilayah yang sulit terjangkau, juga sebagai salah satu melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila yakni gotong royong.

“Melalui pelestarian budaya gotong royong dan kemanunggalan dalam program TMMD ini, diharapkan kita dapat semakin membentengi diri dari potensi disintegrasi yang dipicu oleh sentimen perbedaan dan sikap toleransi”, ungkap Kasad.

Sebagaimana diketahui bahwa
Program TMMD sebelumnya ini, secara nasional TNI telah menyelesaikan 357 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, antara lain pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembuatan jalan makadam, rabat jalan, rehabilitasi jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan.
Disamping hal tersebut juga pembangunan infrastruktur lainnya meliputi pembuatan jembatan, pembuatan tanggul, pemasangan gorong-gorong, pembangunan gapura, pembuatan sarana olahraga, renovasi rumah ibadah dan rumah tidak layak huni, pembangunan sekolah, pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat.

Seperti saat ini Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017 wilayah Kodim 0201/BS,yang resmi dibuka ,Selasa (04/07/2017) oleh Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan Medan,Sumatera Utara (Sumut) pertanda dimulainya para Prajurit TNI membangun pedesaaan demi mewujudkan kesejahteraan Rakyat dan memantapkan kemanunggalan TNI -Rakyat.

Pelaksanaan TMMD ke 99 tahun 2017 wilayah Kodim 0201/BS dilaksanakan di kawasan Belawan diantaranya
untuk pengerjaan fisik meliputi , pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 18 Kel. Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan,perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan, pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan,perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan, perehapan Masjid Taqwa di Jl. Tambak Lingkungan 12 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan.
Perehapan SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan.

Selain itu untuk pekerjaan tambahan meliputi rehab beberapa rumah tidak layak huni (RTLH),pembuatan beberapa Sumur Artesis berikut kamar mandinya.

Dan untuk kegiatan non fisik meliputi
Penyuluhan wawasan kebangsaan dan Bela Negara,penyuluhan kesehatan dan KB kesehatan, penyuluhan bahaya narkoba dan Kamtibmas,Penghijauan dengam menanam ribuan pohon,bhakti sosial Sunatan Massal.

Berdasarkan data yang diperoleh okebung.com,memasuki hari ke 20 TMMD ke 99 Kodim 0201/BS telah merampungkan beberapa pekerjaan fisik meliputi , pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 18 Kel. Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan saat ini telah mencapai 51 persen.perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan telah rampung mencapai 100 persen,
.pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan mencapai 70 persen.

Kemudian untuk perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan telah rampung 100 persen,perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan mencapai 100 persen,perehapan SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan telah tuntas mencapai 100 persen

“Untuk kegiatan fisik tambahan pembuatan Sumur Artesis dan Tower Air telah mencapai 100 persen dan pembuatan kamar mandi Sumur Artesis baru mencapai 75 persen,sedangkan untuk bedah rumah tidak layak huni milik ibu Arsanah mencapai telah mencapai 75 persen
serta rehab jalan semenisasi di Kampung Sentosa sepanjang 120 meter, lebar 2,5 meter mencapai 100 persen,”terang Dansatgas TMMD ke 99 Kodim 0201/BS Kolonel Inf Bambang Herqutanto melalui Plh Pasintel Kodim 0201/BS,Kapten Kav Prima,Minggu (23/07/2017).

Untuk kgiatan non fisik yang belum di laksanakan diantaranya Outbound, Bhaksos pengobatan massal dan pembagian sembako kepada masyarakat. “Guna membantu pekerjaan fisik peralatan yang dikerahkan diantaranya Hexavator 3 unit Beco Loader 1 unit,10 unit Dump Truk dan Yon Zipur,3 unit Truk Fuso,Cangkul dan Skop dan personel yang dikerahkan dalam kegiatan TMMD ini 110 orang (1 SSK Kompi)
Staf Satgas sebanyak 15 orang,Team Asistensi : 25 orang dan masyarakat setempat 15 orang,”sebut Kapten Kav Prima.

Dilokasi pekerjaan fisik,kata Prima cuacanya berubah terus sehingga dapat menghambat pekerjaan Satgas TMMD,namun hal itu bisa diatasi berkat gotong royong dan kerjasama antara TNI dan masyarakat. “Hambatannya yakni jalan dan jembatan menuju sasaran TMMD cuma satu- satunya dan kelebaran dua meter setengah , serta ramai oleh kegiatan masyarakat sehingga memperlambat mobilisasi material penimbunan jalan dan tantangan lain yakni banjir rob laut Belawan setiap hari- nya mengganggu pekerjaan jalan dan jembatan di lokasi TMMD,namun hal itu bisa diatas atas kerjasama Satgas dan masyarakat,”ungkap Prima menambahkan berkat doa dan kerjasama semua pekerjaan hingga saat ini berjalan lancar.(ryan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button