DAERAH

OK Husni Imran: Pesta Rakyat Secanggang Harus Dilestarikan

 

SECANGGANG (podiumindonesia.com)- Pesta Rakyat yang digelar Desa Secangang memperingati HUT RI ke-78 yang salah satunya lomba perahu harus dilestarikan. Apalagi lomba perahu merupakan icon di Kabupaten Langkat.

“Kegiatan Pesta Rakyat di Desa Secanggang harus dilestarikan. Ditambah lagi lomba perahu yang memiliki keunikan tersendiri. Dan saya harap siapa pun kepala desa dan pimpinan di Kabupaten Langkat hendaknya lebih menyemarakkannya,” kata Bacalon Legislatif DPRD Langkat, OK Husni Imran kepada wartawan, Sabtu (19/8/2023).

OK Husni Imran yang merupakan Dapil I Langkat (Stabat, Wampu, Secanggang) ini mengapresiasi gelaran Pesta Rakyat yang tiap tahun dilaksanakan di Desa Secanggang. Hanya saja, lanjut kader PPP Langkat ini, panitia diharapkan lebih menginovasikan kegiatan supaya lebih semarak dan meriah.

“Sekarang saya, kalau dibanding tahun lalu, jumlah pengunjungnya sangat berkurang. Makanya dengan adanya pimpinan baru di Desa Secanggang tahun depan, saya optimis lomba HUT RI ke-78 lebih meriah lagi,” tukasnya.

Dia pun mengakui kerja keras panitia sehingga lomba HUT RI ke-78 Desa Secanggang menarik perhatian anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Nasril Bahar. Diberitakan, lomba acara 17 Agustus di Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat berlangsung tertib dengan sejumlah hadiah menarik.

Hadir pada kesempatan itu anggota DPR RI dari Fraksi PAN Nasril Bahar, anggota DPRD Langkat yang juga dari Fraksi PAN, Sisanol Fahmi, Camat Secanggang Parsadanta Sembiring sekaligus Plt Desa Secanggang, Kapolres Langkat, tokoh masyarakat T Syaiful Anhar serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Nasril Bahar mengapresiasi gelaran lomba perahu yang merupakan rangkaian kegiatan HUT RI ke-78. Dia mengaku bangga atas kinerja seluruh aparatur dan masyarakat Desa Secanggang yang senantiasa melestari budaya lomba perahu pada hari besar Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

“Lomba perahu ini harus dilestarikan, yang kalah jangan kecewa dan yang menang jangan cepat berbangga,” sembari sembari mengelukan ‘Merdeka’.

Sebelumnya Camat Secanggang sekaligus Plt Desa Secanggang, Parsadanta Sembiring mengungkapkan kegiatan pesta rakyat dalam memeriahkan HUT RI ke-78 merupakan agenda rutin. Dia pun mensuport semua peserta yang ikut lomba dan tak cuma di ajang perahu saja.

Terpisah, tokoh masyarakat T Syaiful Anhar mengungkapkan rasa bangganya dengan gelaran lomba perahu yang merupakan ajang penutup dari rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 di Desa Secanggang.

“Semoga di tahun-tahun mendatang kegiatan lomba perahu dan lomba lainnya bisa lebih semarak,” ujarnya.

Fadli Ashari selaku Penitia Pelaksana HUT RI ke-78 di Desa Secanggang menyebutkan bahwa kegiatan yang digelar diperoleh dari Dana Desa dan sumbangsih masyarakat. Pun, kata dia, sejak setahun belakangan ini Desa Secanggang dijabat Pelaksana Tugas (Plt), namun dia berharap di tahun mendatang sudah dipimpin kepala desa definitif.

“Saya optimis tahun depan kegiatan ini lebih meriah dan semarak dengan adanya kepala desa baru di Desa Secanggang,” imbuhnya. Sejumlah perlombaan yang digelar di Desa Secanggang yakni Jalan Santai, Lomba Catur, Sepakbola, Pukul Bantal, Putri dan Pangeran Pantai, Lomba Perahu serta lainnya.

Untuk Putri Pantai Tahun 2023 yakni Lisa Andriani dan Pangeran Pantai Farhan Hafizh. Pemenang lomba perahu juara 1 Ternado, juara 2 Amanah, juara 3 P Tanjung. dan juara 4 Terbado I. Masing masing mendapat beras 350 kg, 250 kg, 200 kg dan 100 kg. (pendi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button