Pimpinan Kanwil I Pegadaian Medan Resmi Buka Program Magang Bersertifikat Bagi 81 Mahasiswa

MEDAN (podiumindonesia.com)- Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Edwin S Inkiriwang secara resmi membuka Program Magang Bersertifikat bagi 81 mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Puluhan mahasiswa terpilih mewakili 11 PTN/PTS tersebut akan mendapatkan pengalaman praktek belajar di perusahaan plat merah BUMN.

Tak hanya mendapatkan pengalaman dunia kerja, para mahasiswa juga akan memperoleh berbagai benefit yang akan diberikan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan.

Benefit atau keuntungan yang kelak diterima para mahasiswa adalah sertifikat resmi yang akan diberikan Pegadaian; beasiswa bagi 5 mahasiswa terbaik; insentif produktivitas; dan juga berpeluang diterima menjadi pegawai.

Demikian disampaikan Edwin S Inkiriwang pada kegiatan ‘Seremonial Penerimaan Mahasiswa Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka’ yang dihadiri perwakilan 11 PTN/PTS, Jumat (10/9/2021), di Hotel Grand Mercure Medan.

Edwin menambahkan, program magang kerja bagi mahasiswa ini merupakan bentuk dukungan Pegadaian pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Pegadaian memiliki program yang namanya Magenta (Marketing Agent Digital) yang selaras dengan tujuan pemerintah untuk mengembangkan Kampus Merdeka,” ungkap Edwin.

Program Magenta tersebut akan menjadi laboratorium hidup bagi mahasiswa dalam menjalankan proses belajar di dunia kerja.

“Memang saat ini, hanya 81 mahasiswa yang bisa diterima Pegadaian untuk mengikuti proses magang, dikarenakan adanya keterbatasan. Ke 81 mahasiswa yang diterima telah melalui berbagai seleksi akan mulai aktivitas kerja pada 13 September,” beber Edwin.

Sementara itu, perwakilan Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Edi Ihsan selaku Wakil Rektor I mengapresiasikan program Magang Bersertifikat yang dilakukan Pegadaian Medan.

“Dalam satu semester ini, mahasiswa akan berpindah kampus untuk belajar mengembangkan hardskill dan softskill di perusahaan Pegadaian,” sebutnya.

Ia berharap, bagi mahasiswa yang terpilih mendapatkan kesempatan kerja di Pegadaian Medan, agar benar-benar memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Gali potensi dan ambil pengalaman praktikel yang diperoleh secara real selama magang di Pegadaian. Para mahasiswa juga akan tetap dimonitor meski sedang menjalani proses magang di Pegadaian,” ucapnya.

Mewakili Politeknik Negeri Medan (Polmed), Abdul Rahman menambahkan, kegiatan ini sangat bermanfaat, di mana Kemendikbud mengharuskan mahasiswa untuk berkarya diluar kampus.

“Dalam kesempatan ini, mahasiswa bisa bekerja sesuai keahlian industri. Dan jika memiliki progres yang baik bisa berkesempatan untuk dipekerjakan dikemudian hari,” cetusnya.

Turut hadir Deputi Operasional PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, I Ketut Suarnawa; Deputi Bisnis Area Medan 1 M. Aries Aviani; Sami Marice selaku Kadep Non Gadai Deputi Area Medan 2 dan perwakilan 11 PTN/PTS. (pi/ril/win)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *