OLAHRAGA

Prediksi PSPS VS PSMS: Bukan Laga Mudah

LIVE INDOSIAR KAMIS SORE PUKUL 16.30 WIB

MEDAN (podiumindonesia.com)- Bertandang ke Pekanbaru bukanlah laga mudah bagi PSMS Medan. Pun PSPS Pekanbaru, Riau kini berada di juru kunci di klasemen sementara wilayah Barat, tapi tak serta merta Ayam Kinantan bisa merengkuh point penuh.

Di laga pekan ke-5 Liga Indonesia 2 ini akan berlangsung di stadion Utama Riau, Kamis (22/9/2022) pukul 16.30 WIB. Pelatih PSMS Medan, I Putu Gede dalam lawatannya kali ini memboyong 20 pemain terbaik. Dengan maksud agar posisi puncak yang kini ditongkrongi PSMS Medan tak terjerumus.

Dengan kekuatan yang ada, paling tidak Joko Susilo dan kawan-kawan berharap bisa membawa satu poin. Di atas kertas, tim tamu berpotensi pulang dengan raihan kemenangan karena unggul berdasarkan prestasi pada musim ini.

Namun, Askar Bertuah sebagai tuan rumah diyakini tidak ingin kehilangan angka lagi di depan publiknya. Sejauh ini klub yang ditukangi I Putu Gede ini belum pernah tersentuh kekalahan dalam 4 laga awal. Andri Muliadi dan kawan-kawan sepertinya merasa nyaman saat ini.

Demikian setidaknya hingga Rabu, (20/9/2022). Pekan sebelumnya, Tim Ayam Kinantan memenangkan duel penting melawan Sriwijaya FC dengan skor 2-1 di Stadion Teladan, Medan, Minggu (18/9/2022).

“Target poin dan kita sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi PSPS. Serta menunjukkan sejauh mana sih mental kita saat ini karena berada di puncak klasemen sementara,” kata I Putu Gede.

Di lain pihak, PSPS mempunyai raihan yang sangat kontras dibandingkan dengan tim tamu. Askar Bertuah tak kunjung meraih kemenangan selama bermain di Liga 2 2022/2023. Klub yang ditukangi Yusup Prasetiyo itu hanya mengumpulkan 1 angka dari 3 laga.

Bayu Nugroho dan kawan-kawan meraih skor imbang sekali dan 2 kali tumbang. Akibatnya PSPS kini menduduki juru kunci klasemen dan menjadi satu-satunya tim yang belum meraih kemenangan di Grup Barat. Duel kandang saat menerima kunjungan PSMS Medan memang bisa menjadi laga sulit bagi tuan rumah lantaran meladeni tim pemuncak klasemen.

Kendati demikian, tim kesayangan warga Pekanbaru ini tetap berpotensi membuat kejutan sekaligus mengakhiri rekor tak terkalahkan milik PSMS.

Catatan: 

Pelatih PSMS Medan I Putu Gede pernah bilang bahwa ini baru pekan ke-5 bergulir. Untuk itu situasi PSPS ini materinya adalah pemain berpengalaman.

“Jadi mereka (PSPS Pekanbaru) baru sekali main di home dan saya pikir motivasi mereka untuk bangkit yang perlu kita waspadai,” ungkap Putu.

Apalagi pertandingan kali ini di hadapan sporternya sendiri. Dipastikan PSPS Pekanbaru tak mungkin lengah. Mereka akan menjaga setiap lini dengan apik dan menghindari peluang bagi PSMS Medan.

Kapten PSMS, Joko Susilo menyebut, akan berjuang maksimal untuk merebut poin dari tim tuan rumah.

“Pada intinya kami siap memberikan yang terbaik untuk pertandingan besok dan kami perlakuan setiap lawan sama, termasuk lawan PSPS. Kami akan tampil solid, agresif dan tentunya fokus untuk target kita untuk tiga poin,” pungkasnya.

PSPS Pekanbaru sendiri diprediksi mengema skema 4-3-3. Artinya, pelatih PSPS Pekanbaru Yusup Prasetiyo lebih mengutamakan lini pertahanan dan melihat peluang sekecil mungkin untuk menjebol gawang yang dikawal Adixi Lenzivio dari tim PSMS Medan.

Bisa jadi di babak kedua formasi itu bakal diubah Yusup. Pasalnya, di babak pertama pasti Yusup fokus dalam mengantisipasi serangan tim Ayam Kinantan. Dan sepertinya PSPS Pekanbaru berkeinginan lebih dulu mencetak gol di babak pertama.

Sedangkan I Putu Gede sendiri tetap pada formasi 4-4-2. Mengandalkan dua penyerang depan yakni Yoseph Ostanika dan Sandeni Sidabutar, diharapkan mendapatkan bola-bola umpan matang dari serangan pemain sayapnya.

Sekalangan menilai bahwa keberuntungan kali ini masih berpihak pada PSMS Medan. Dengan kemenangan sekira 55 persen, imbang 20 persen dan hanya 25 persen keberuntungan bagi PSPS Pekanbaru. Lebih dari itu, kemungkinan hasil berakhir imbang akan didapati kedua kubu pada pekan ke-5 Liga Indonesia 2 ini.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
PSPS (4-3-3): Ismail Hanafi; Muhammad Mukhlis, Riskal, Yudhi Adytia, Fauzan Anshori; Rio Hardiawan, Dama Indriyana, Afriansyah; Alif Jaelani, Bayu Nugroho, Engelberd Sani. (Pelatih: Yusup Prasetiyo).

PSMS (4-4-2): Adixi Lenzivio; Didik Ariyanto, Andri Muliadi, Hamdi Sula, Joko Susilo; Fardan Harahap, Iman Budi Hernandi, Ichsan Pratama, Hari Habrian; Yoseph Ostanika, Sandeni Sidabutar. (Pelatih: I Putu Gede).

5 LAGA TERAKHIR:
22/11/21 PSMS vs PSPS 2 – 0
20/10/21 PSPS vs PSMS 1 – 0
24/08/19 PSMS vs PSPS 0 – 0
22/06/19 PSPS vs PSMS 2 – 3
23/08/17 PSMS vs PSPS 1 – 3

5 PERTANDINGAN TERAKHIR PSPS PEKANBARU:
22/11/21 PSMS vs PSPS 2 – 0
29/11/21 PSPS vs BaBel United 1 – 0
29/08/22 PSPS vs Semen Padang 1 – 1
10/09/22 Perserang vs PSPS 1 – 0
18/09/22 PSDS vs PSPS 2 – 1

5 PERTANDINGAN TERAKHIR PSMS MEDAN:
23/12/21 PSMS vs Dewa United 0 – 1
30/08/22 PSKC vs PSMS 0 – 0
05/09/22 Persiraja vs PSMS 0 – 3
10/09/22 PSMS vs Karo United 1 – 0
18/09/22 PSMS vs Sriwijaya 2 – 1

STATISTIK:
PSPS Menang: 25%
Imbang: 20%
PSMS Menang: 55%
SKOR: 0 – 1 (1/4 : 0). (nt/sumber)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button