Kodam I/BB

Tanam Padi,Petani Dibantu Babinsa Koramil 16/Dolok Masihul

 

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 16/Dolok Masihul jajaran Kodim 0204/DS Serda Iwan melaksanakan pendampingan pertanian dengan menanam padi varietas Ciherang dengan cara tanam Jajar Legowo 4 1 seluas 1 Ha milik Poktan “Seia Sekata” tepatnya di Desa Batu 12 Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Sergai, Jumat (30/06/2017).

Sebelum penanaman dimulai Serda Iwan selaku Babinsa di wilayah itu menyampaikan bahwa perlunya percepatan penanaman dalam Musim Tanam karena pada musim ini petani berlomba dengan ketersediaan air untuk pengairan sawah karena di wilayah Desa Batu 12 masih mengandalkan air hujan,karena air dari irigasi kurang mencukupi.

“Oleh karena itu petani harus mempercepat penggarapan pada Musim Tanam II. Babinsa juga terus menghimbau dan mengarahkan warga masyarakat khususnya Kelompok Tani dan Gapoktan agar jangan takut dan pasrah kepada keadaan tetapi bagaimana kita bisa mengatasi masalah tersebut,”sebutnyam

Sementara itu,Kapoktan Ramli mengungkapkan bahwa perlunya kesadaran masyarakat agar dalam Masa Tanam lebih cepat dalam penggarapan apalagi sudah didampingi oleh Babinsa tentunya para petani akan lebih semangat dan lebih termotivasi.

Ia juga mengungungkapkan rasa optimisme yang tinggi bahwa dengan adanya pendampingan Babinsa kepada petani akan berdampak positif dan hasil yang akan dicapai bisa lebih meningkat, ” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Babinsa menyampaikan rasa bangga kepada petani yang sudah bisa melaksanakan arahan dan sosialisasi yang telah dilakukan oleh Koramil bersama PPL UPT Distanak Kecamatan Dolok Masihul sehingga benar-benar telah terbukti adanya perubahan perilaku petani dalam pengolahan sawah dengan mencangkul sekarang sudah menggunakan Alsintan swadaya Poktan berupa mesin traktor.

“Ia akan selalu mendampingi petani bersama PPL sehingga harapannya dapat tercapai keinginan Pemerintah dalam rangka menuju Swasembada Pangan serta memantapkan Ketahanan Pangan dan Ketahanan Nasional sebagaimana fungsi Pembinaan Teritorial dalam membantu Pemerintah Daerah dalam Percepatan Pembangunan Nasional,” jelasnya.(red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button