Home PENDIDIKAN 11.601 SISWA LANGKAT IKUTI UJIAN NASIONAL

11.601 SISWA LANGKAT IKUTI UJIAN NASIONAL

4
0

Tinjau UN Langkat

Selesai (PODIUM) – Bupati Langkat, H Ngogesa Sitepu SH tinjau pelaksanaan Ujian Nasinal (UN) di sekolah swasta Esa Prakarsa Kecamatan Selesai, Senin (4/4/2016).

Sekitar pukul 08.00 WIB, Ngogesa tiba disana dan tampak Sekda H Indra Salahudin yang juga Plt Kadis Pendidikan dan Pengajaran (P & P) Langkat beserta Sekretaris Dinas P dan P Legiman dan sejumlah SKPD dijajaran Pemkab Langkat ikut bersama rombongan Bupati Langkat.

Kedatangannya disambut pihak sekolah Esa Prakarsa seperti Kepala Sekolah SMK Drs Suwito, Kepsek SMA Wahyu Hidayat dan guru-guru lainnya.

Selama tinjauannya, Ngogesa mempusatkan perhatiannya kepada teknis pelaskanaan ujian, mengapa demikian? Ngogesa menjelaskan bahwa itu satu syarat yang mendukung keberhasilan pelaksanaan UN di Langkat.

Menurut Ngogesa, dari tahun ketahun, teknis pelaksanaan UN selalu berubah-rubah sesuai dengan keputusan Pemerintah, tapi, itu bukan penghalang bagi suksesnya UN di Langkat.

“Kesigapan pihak sekolah, baik itu kepala sekolah, guru dan murid merupakan hal yang paling mendasar, jika siap, pasti keberhasilan UN akan tercapai,” kata Ngogesa.

Mengenai keberhasilan, Ngogesa menuturkan bahwa sukses UN tidak hanya berasal dari suksesnya teknis pelaksanaan tapi juga sukses siswa lulus sesuai target.

“Semoga, pelajar di Langkat mampu menjawab soal dengan benar dan tingkat kelulusan yang diharapkan dapat terealisasi dengan 100 persen,” motivasi Ngogesa kepada seluruh siswa di Langkat.

Sementara itu, pelaksanaan UN di sekolah Esa Prakarsa juga dipantau langsung oleh pihak Irjen Kementrian Pendidikan dan Pengajaran Pusat yang diwakili Siti Rohimah, Nur’ain dan Ratu Yusherawati.

Informasi menyebutkan, mereka datang ke Langkat untuk memonitor pelaskanaan UN di Langkat, sehingga informasi dari mereka akan disampaikan ke Pusat guna menjadi laporan yang efektif.

Di kesempatan tersebut dr H Indra Salahudin, Plt Dinas Pendidikan dan Pengajaran yang didampingi sekretrisnya menjelaskan, di SMK Esa Prakarsa, total siswa yang mengikuti ujian sebanyak 247 orang dan SMA sebanyak 62 orang.

Sementara untuk total keseluruhan siswa di Langkat yang mengikuti UN berjumlah 11.601, sedangkan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk SMK di Langkat ada 4 Sekolah dan salah satunya adalah SMK Esa Prakarsa, waktu pelaksanaan UN berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 4 s/d 6 April. Pada hari pertama, mata pelajaran yang diujikan adalah pendidikan bahasa Indonesia dan kimia.

Wabup Sulistianto

Bersamaan dengan tinjauan yang dilakukan Ngogesa, Wabup Langkat Sulistianto juga melakukan tinjauan ke sekolah SMKN 1 Stabat bersama dengan perwakilan Dinas P & P Sumut Iwan Setiawan yang ditugaskan memonitor langsung pelaksanaan UN di Langkat.

Sama seperti Bupati Ngogesa, Sulis memantau dan melihat langsung bagaimana siswa-siswi melaksanakan ujian.

Dalam tinjauannya, Sulis tampak berdiskusi dengan Kepsek SMKN 1 Stabat dan guru-guru di sekolah lainnya, membahas teknis pelaksanaan ujian di sekolah tersebut, disamping itu, Sulis juga memotivasi mereka guna mensuport para murid untuk sukses mengerjakan soal-soal UN. (PI – lk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here