Gempa Yang Sempat Guncang Aceh Singkil Terasa hingga Gunungsitoli

SINGKIL (podiumindonesia.com)- Gempa berkekuatan Magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Singkil, Aceh, juga terasa hingga ke Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut).

“Tadi malam itu saya merasakan tempat tidur goyang, tetapi saya ragu apakah gempa atau tidak dan terus melanjutkan tidur,” ucap Sarah, salah satu warga Gunungsitoli, Minggu (27/01).

Sejumlah warga Kota Gunungsitoli lain juga mengaku sempat merasakan gempa, tapi mereka tidak panik karena gempa tersebut hanya terjadi sebentar.

Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Kuncoro mengatakan gempa tersebut berlokasi di laut dan berjarak 35 km sebelah barat daya Kabupaten Singkil. Kedalaman gempa adalah 10 km.

Menurut Djati, mengacu pada lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Singkil ini merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Singkil dan Gunung Sitoli II-III MMI dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” jelasnya. (pi/dtc)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *