Lockdown, Lapas & Rutan Tiadakan Silaturahmi Antar Keluarga Napi

Humas Kanwil Depkumham Sumut Josua Ginting.



MEDAN (podiumindonesia.com)- Silaturahmi antar keluarga narapidana di lapas dan rutan di Sumut tahun ini ditiadakan sementara. Hal ini dilakukan mengingat lapas dan rutan yang masih menerapkan lockdown hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting mengatakan, tahun ini silaturahmi keluarga warga binaan ditiadakan sementara untuk antisipasi dampak penyebaran virus corona.

“Kalau untuk keluarga warga binaan tidak ada lagi , biasanya kan, satu hari lebaran, para keluarga berdatangan ke lapas dan rutan. Bisa makan bersama dan salam-salaman. Ini tidak lagi,” kata Josua kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

Namun demikian, pihak lapas maupun rutan tetap memastikan para warga binaan bisa silaturahmi lewat video call. “Kalau video call tetap ada,” ungkapnya. Ia juga mengatakan, di lapas dan rutan juga disediakan penitipan barang keluarga dari warga binaan untuk diserahkan seperti makanan.

“Petugas kita kan sudah ada. Jadi mereka-mereka inilah nanti yang menerima barang titipan dan mengantanya kepada warga binaan yang bersangkutan,” ungkapnya. 

Sebelumnya, lapas dan rutan di Sumut efektif memberlakukan lockdown sejak Senin 23 Maret lalu. Lapas dan rutan menyediakan fasilitas layanan video call secara gratis sebagai pengganti kunjungan. Josua mengatakan, belum bisa memastikan sampai kapan lockdown di lapas dan rutan.(pi/win)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *