POLITIK

Musrenbang Kecamatan Secanggang Minus Anggota Dewan

 

Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Langkat Drs. H Sujarno, M.SI didampingi Camat Secanggang Aliandi, SH sedang memberikan arahan pada Musrenbang Kecamatan, di Aula Kantor Camat Secanggang.
Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Langkat Drs. H Sujarno, M.SI didampingi Camat Secanggang Aliandi, SH sedang memberikan arahan pada Musrenbang Kecamatan, di Aula Kantor Camat Secanggang.

SECANGGANG (PODIUM) – Untuk menentukan arah pembangunan di desa dan kelurahan, Pemerintah Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Musrenbang yang bertempat di Aula Kantor Camat Secanggang, Kamis (28/1/2016), dihadiri tim Musrenbang Kabupaten Langkat yang di ketuai oleh Drs. H Sujarno, M.SI yang juga Kepala Bappeda Pemkab. Langkat, bersama sejumlah SKPD lainnya.

Dalam pembukaan Musrenbang tahun 2016 untuk tahun 2017 ini Camat Secanggang Aliandi, SH menyampaikan kepada kepala desa dan lurah untuk menyampaikan usulan yang sudah ada di RPJM-Desa dengan skala prioritas untuk kepentingan masyarakat desa.

“Sampaikan saja usulan pembangunan di desa dan kelurahan dengan kriteria bangunan fisik, pembangunan ekonomi dan sosial budaya, jangan bosan mengusulkan meski belum bisa terpenuhi ditahun ini tapi diharapkan bisa ditampung ditahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Musrenbang Kecamatan ini tidak tampak satupun anggota DPRD dapil Secanggang yang hadir mengikuti, mungkin mereka mempunyai kesibukan masing-masing. Meski demikian tampak tidak mengurangi semangat dan antusias kepala desa untuk menyampaiakan usulan-usulan pembangunan di desa dan kelurahannya masing-masing.

Selain itu Camat juga mengatakan bahwa di kecamatan Secanggang ada sepuluh desa yang akan mengikuti Pilkades di tahun ini, kekosongan kepala desa tersebut seluruhnya sudah diisi oleh pelaksana dari PNS di Kantor Camat.

Ketua tim Musrenbang Kabupaten Langkat Sujarno dalam sambutannya mengatakan Musrenbang itu penting karena segala sesuatu yang terkait dengan pembangunan fisik, ekonomi dan sosial budaya, perencanaan pembangunannya dimulai dari desa dan kelurahan.

Artinya sudah dimulai dari Musrenbang desa dan kelurahan agar lebih menjawab kebutuhan masyarakat. Untuk itu Sujarno mengimbau kepada kepala desa dan lurah untuk tidak bosan membuat usulan pembangunan meskipun keterbatasan APBD, itu masih bisa dicari sumber dana yang lainnya.

“Sumber dana pembangunan itu tidak hanya APBD, ada Dana Alokasi Khusus (DAK), ada juga dana aspirasi dan yang lebih pantastis ada dana desa yang tahun ini akan mengucur satu milyar lebih setiap desa,” terang sujarno yang juga mantan Kadis Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat itu.

Pantauan Podium Indonesia, Camat Secanggang Aliandi memandu penyampaian usulan pembangunan dari para kepala desa dan lurah untuk skala prioritas tiap item ada tiga usulan pembangunan, baik di fisik, ekonomi dan sosial budaya.

Selain dihadiri kepala desa dan lurah se-Kecamatan Secanggang, BPD, LPMD, Muspika, tokoh masyarakat, tokoh pemuda , tokoh agama. Musrenbang Kecamatan itu juga dihadiri oleh perwakilan SKPD, Kadispora TM Auzai, PMDK M. Mirza, dari Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Disnakertrans, Disperindag. (PI – lk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button