POLITIK

Pejabat di Sumut Ikuti Uji Kompetensi

 

Kompetensi-Pejabat

MEDAN (PODIUM) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur, Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap seluruh pejabat eselon lulus dalam uji kompetensi. Uji kompetensi tersebut sebagai tahap awal dari penyelenggaraan seleksi pengangkatan jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Harapan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi saat meninjau pelaksanaan uji kompetensi puluhan pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Sumut yang berlangsung di Gedung Binagraha, Jl Diponegoro Medan, (19/1/2016). Uji kompetensi diikuti 37 pejabat eselon II.

Erry menyatakan, uji kompetensi bagian dari upaya menempatkan pejabat yang tepat dalam mewujudkan goodgovernance juga amanat UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Khusus di lingkungan Pemprov Sumut terdapat 58 jabatan eselon II yang terdiri dari Jabatan Assisten sebanyak 4 orang, Staf Ahli sebanyak 5 orang, Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan sebanyak 12 orang, Lembaga Teknis dan lembaga lainnya sebanyak 17 orang dan Kedinasan sebanyak 20 orang.

“ Uji kompetensi ini upaya mewujudkan The right man on the right place atau the right job. Maka ini akan dimulai dengan beberapa tahapan. Yang pertama, khusus bagi pejabat incumbent dilakukan uji kompetensi,” papar Erry.

Erry menekankan, dalam ASN tidak dikenal istilah non job, tapi ada istilah degradasi. Bisa saja eselon II diturunkan menjadi eselon III.

“Kalau tidak terima bukan salah kita. Kalau dianggap tidak pas dengan posisinya, maka akan ditawarkan pada posisi setingkat di bawah itu,” tegas Erry.

Erry menjelaskan, dalam proses uji kompetensi akan dilihat juga hasil evaluasi selama 2 tahun terakhir dari track record pejabat yang bersangkutan.

1 2Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button