DAERAH

Plt Bupati Langkat Hadiri FGD Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan

 

LANGKAT (podiumindonesia.com)- Plt Bupati Langkat H Syah Afandin, SH menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Daerah untuk Meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), bertempat di Gedung Keuangan Negara Medan, Kamis (9/11/2023).

FGD ini dihadiri oleh perwakilan Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, perwakilan BPK dan 6 kepala daerah yaitu Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Tanjung Balai.

Kepala Kantor wilayah DJPB Provinsi Sumatera Utara Syaiful menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang hadir ini sebagai wujud dan tanggung jawab amanat.

“Kegiatan ini di hadiri oleh 6 kepala daerah dari 34 Pemda di Sumatra Utara dan sudah hadir narasumber utama kepala perwakilan BPK yang akan menyampaikan strategi mengelola keuangan yang lebih baik,” ucap Kakanwil DJPB Provinsi Sumatera Utara itu.

Pihaknya menjalankan fungsi pembinaan pengelolaan keuangan termasuk pertanggungjawaban laporan keuangan. Sumatera Utara sampai saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik jadi memberikan optimisme bersama dan harus jaga trend baik ini, seiring dengan pertumbuhan nasional hampir sama yaitu 4,9%.

Sementara inflasi sebanyak 0,07% rata rata 2,6% untuk Sumatera Utara dan nasional 2,56 %. “Kita optimis sampai akhir tahun kita jaga ini agar sesuai dengan APBN APBD kita. Anggaran belanja yang dikelola secara nasional untuk regional Sumatera Utara 63,56 % transfer ke daerah. Agar dapat dibelanjakan sebaik baiknya dan dimaksimalkan,” pesannya.

Ia juga menyampaikan, pertanggungjawaban pengolaan anggaran daerah 2022 sudah selesai di audit. Untuk provinsi Sumatera Utara sudah di lakukan terhadap 34 Kabupaten/kota, terdapat 28 pemerintah daerah mendapat wajar tanpa pengecualian (WTP) dan 6 wajar dengan pengecualian (WDP).

Hal ini yang masih jadi tugas kami untuk memberi arahan agar kedepannya dapat berubah opini menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Atas dukungan semua pihak semoga kita sama sama bisa menjalankan amanat yang terdapat dipundak kita dengan sebaik baiknya” ucap Syaiful.

Selanjutnya Penandatanganan Komitmen WTP kepada 6 Kepala Daerah yaitu Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Tanjung Balai. (ril/pi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button