Portal Desa Lalang Kecamatan Tanjung Pura Disepakati Dibuka

STABAT (podiumindonesia.com)- Kisruh terhadap dibuka atau dipasangnya portal yang berada di Jalan Terusan Desa Lalang Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat akhirnya terjawab dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi D DPRD Langkat, Kamis (16/9/2021).

RDP kedua ini dihadiri Kepala Dinas Perhubungan, diharapkan Ketua Komisi D DPRD Langkat, Surialam, yang memimpin rapat dapat mencari solusi terbaik demi masyarakat.

Mulyono Kadishub Langkat menegaskan pihaknya menyerahkan kepada pihak-pihak yang meminta dipasang atau tidaknya portal tersebut. “Kami menunggu keputusan RDP hari ini, kalau dputuskan dipasang maka akan kami pasang kembali atau dibuka,” sebutnya.

Ia menambahkan bahwa portal di Desa Lalang yang telah dibuka oleh oknum, sudah diamankan Kepala Desa Lalang dan saat ini berada di Dinas Perhubungan.

Ketua Komisi D langsung meminta para Kepala Desa maupun BPD yang berhubungan dengan keberadaan portal untuk menyampaikan keinginannya.

Kades Lalang, Wagino setuju portal dibuka. Karena dengan dibukanya portal, tingkat kemacetan lalu lintas dengan badan jalan yang cukup sempit dapat lebih lancar.

Kepala Desa Pematang Cengal, Arusman, juga sepakat portal dibuka, alasannya kalau diportal akan terjadi passing muatan truk-truk yang membawa buah sawit sehingga menimbulkan kemacetan dan berakibat harga sawit petani di 8 desa yang terdampak akan turun.

Kepala Desa Pantai Cermin, Kepala Desa Bubun, Kepala Desa Tapak Kuda, BPD Suka Maju dan Lurah Pekan Tanjung Pura juga sepakat portal dibuka.

Terhadap keinginan dibukanya portal, membuat anggota Komisi D Edi Bahagia angkat bicara. Ia sependapat dengan apa yang disampaikan para Kepala Desa. Dengan diportal akan terjadi passing buah sawit maupun pupuk dari truk besar ke truk kecil yang dipastikan berakibat harga sawit petani jadi turun dan harga pupuk akan jadi lebih mahal. Dirinya mengungkapkan bahwa ruh awal DPRD Langkat memasang portal itu untuk menjaga jalan tidak rusak karena truk yang membawa galian C.

Anggota Komisi D lainnya mendukung apa yang diinginkan Kepala Desa. “Untuk masyarakat banyak, pasti kita dukung,” ucap Johan Wiryawan Bangun.

Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin yang turut hadir dalam RDP, berharap keputusan final dibukanya portal ini yang terbaik untuk kepentingan masyarakat dan meminta pihak kecamatan terus berkoordinasi dengan unsur forkopimcam dan semua pihak yang terkait.

Hadir dalam RDP Kapolsek Tanjung Pura, perwakilan Polres Langkat, perwakilan Camat Tanjung Pura dan segenap anggota Komisi D lainnya. (pi/pendi)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *