HUKUM

Proyeksi Program Kerja Komisi Yudisial Tahun 2016

 

JAKARTA (PODIUM) – Sebagai wujud pertanggungjawaban kepada publik dan transparansi kinerja lembaga, Komisi Yudisial (KY) menyampaikan outlook KY berupa capaian kinerja KY Tahun 2015, proyeksi dan rancangan tindak lanjut program kegiatan Tahun 2016 pada Senin (25/1/2015), di Auditorium KY, Jakarta.

Berikut ini proyeksi program kerja Komisi Yudisial Tahun 2016 yang akan dilakukan, antara lain:

1. Minat pendaftar seleksi calon hakim agung diproyeksikan akan mengalami kenaikan rata-rata sebesar 16.3 persen per tahun, sehingga diperoleh calon hakim agung yang lebih berkualitas.

2. Jumlah laporan masyarakat kepada KY diproyeksikan akan mengalami penurunan rata-rata sebesar 10 persen setiap tahunnya. Hal itu diharapkan menjadi cerminan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Inilah Capaian Kinerja Komisi Yudisial Sepanjang Tahun 2015

3. Penyelesaian atas laporan perbuatan merendahkan kehormatan dan keluruhan martabat hakim sampai dengan pengambilan langkah hukum/langkah lain akan diselesaikan tepat
waktu.
4. KY lebih meningkatkan jumlah kajian tentang analisis putusan untuk rekomendasi mutasi hakim, serta meningkatkan jumlah laporan hasil penelitian dan pengkajian.

5. Peserta pelatihan peningkatan kapasitas hakim mengalami peningkatan sebesar 2 persen per tahun, sehingga integritas dan kompetensi hakim lebih meningkat.

6. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hakim, KY mengupayakan pemenuhan jaminan keamanan dan kesehatan hakim.

7. KY berupaya meningkatkan kualitas dan mengembangkan kerjasama dengan stakeholder di dalam maupun di dalam negeri.

8. KY juga berupaya memperkuat kemitraan dengan civil society, mengoptimalkan peran penghubung dan jejaring.

9. Dalam rangka penguatan kelembagaan, Komisi Yudisial akan melakukan evaluasi organisasi maupun perubahan undang-undang tentang Komisi Yudisial. Selain itu, KY juga akan melakukan peningkatan komunikasi dan konsultasi dengan lembaga negara lainnya agar lebih menguatkan peran dan fungsi masing-masing.

Di tahun mendatang, KY sebagai organisasi yang terus tumbuh memiliki tantangan yang beragam. Oleh karena itu, KY terus berupaya memaksimal potensi yang dimiliki demi tercapainya penguatan kelembagaan.

KY juga mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk berperan optimal demi terwujudnya kekuasaan kehakiman yang jujur, bersih, transparan, dan profesional. (PI – hmt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button