DAERAH

Sembari Beri Bantuan, Plt Bupati Langkat Lauching Aplikasi Simendai Desa Ara Condong

 

STABAT (podiumindonesia.com)- Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menghadiri MTQ Desa Ara Condong ke 7 dan Launching Aplikasi Simendai (Sistem Informasi Media Edukasi dan Digital Administrasi), bertempat di Desa Ara Condong Kecamatan Stabat, Minggu (24/12/2023).

Aplikasi Simendai merupakan Aplikasi berbasis website administrasi dan digital. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu berita dan artikel, hasil pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, Fitur belanja yang dihasilkan oleh desa, Profil pemerintah desa dan laporan penggunaan APBD sebagai perwujudan transparansi.

Untuk dapat mengakses aplikasi tersebut dapat di download dari website Desa Ara Condong yaitu Araconding.id. Kepala Desa Ara Condong Hasan Basri, S.Ag, M.H menjelaskan aplikasi ini untuk membantu mempermudah administrasi masyarakat desa Ara Condong.

Administrasi yang dapat dibuat dalam secara online yaitu surat nikah, surat domisili, surat perjalanan dan beberapa surat lainnya. “Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat dipermudah dalam administrasi tanpa harus antri di kantor desa,” harapnya.

Simendai dibuat untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan digitalisasi. “Aplikasi ini akan terus kami kembangkan agar nantinya masyarakat bisa merasakan manfaatnya untuk kedepan,” ucapnya.

Selanjutnya penyerahan bantuan oleh Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH kepada
BUMDES sebesar Rp 50 juta, Guru Ngaji TPQ Rp 10 juta, Posyandu sebesar Rp 10 juta, PKK Rp 7 juta, dan Grup Marhaban Rp 6 juta.

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin menyebut bahwa Simendai merupakan aplikasi digital desa pertama di Kabupaten Langkat. “Di sini nantinya akan mempermudah akses administrasi desa. Lewat aplikasi ini nanti masyarakat desa Ara Condong dapat juga mengakses informasi informasi terupdate baik informasi pembangunan, informasi APBD, sehingga transparansi di desa ini sudah dilaksanakan,” imbaunya.

“Ini merupakan suatu prestasi membuat suatu aplikasi yang tujuannya untuk mempermudah masyarakat desa Ara Condong,” ucapnya.

Dia berharap nantinya dapat mengajak kepala desa yang lain untuk bisa mengikuti langkah ini sehingga masyarakat bisa dipermudah di seluruh Kabupaten Langkat.

Aplikasi ini juga bisa belanja online yaitu isinya produk produk hasil desa Ara Condong. Sehingga aplikasi ini juga membantu perekonomian masyarakat desa.

“Saya sangat bangga, saya berharap nantinya saling mendukung untuk produk yang dijual di Simendai sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa Ara Condong,” sebutnya.

Selanjutnya Plt Bupati Langkat melaunching aplikasi Simendai dan MTQ Ke 7 Desa Ara Condong, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim aplikasi Simendai dan MTQ ke 7 Desa Ara Condong dengan resmi saya nyatakan dibuka. (ril/pi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button