Tahun Ini DPRD Langkat Sahkan 12 Ranperda

STABAT (podiumindonesia.com)- DPRD Langkat menggelar rapat paripurna dengan agenda pengesahan/persetujuan 12 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Langkat, yang dipimpin Ketua Sribana Perangin Angin, Selasa (31/08/2021).

Ke 12 Peraturan Daerah (Perda) itu adalah tentang Rencana Pembangunan Industri tahun 2022-2042, tentang Perusahaan Umum Daerah Daerah Air Minum Tirta Wampu, tentang RPJMD tahun 2019-2024, tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, tentang Penyelenggaraan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum Perumahan, tentang Penyelenggaraan Pendidikan, tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Bagi Lanjut Usia, tentang Badan Usaha Milik Desa, tentang Produk Unggulan Daerah dan Perda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh.

Proses pengesahan ini dilalui setelah sebelumnya Ketua Panitia Khusus yang membahas 12 Ranperda, M. Bahri dalam laporannya menyatakan Panitia Khusus sepakat agar 12 Ranperda disahkan menjadi Perda setelah mereka melakukan pembahasan bersama instansi terkait sesuai dengan produk Ranperda.

“Dalam pembahasan kami telah sempurnakan baik dari segi konsideran sesuai aturan terbaru, penambahan kata-kata dalam pasal, perubahan redaksi maupun penambahan pasal baru,” jelas Bahri.

Selanjutnya, fraksi-fraksi DPRD Langkat melalui juru bicara fraksinya juga menyetujui disahkannya 12 Ranperda dengan memberikan saran-saran agar Perda yang disahkan dapat berdaya guna dan berhasil guna dengan meminta instansi yang berkenaan dengan Perda untuk dapat mensosialisasikan Perda kepada masyarakat.

Pengesahan ditandai dengan ditanda tanganinya Surat Keputusan dan Berita Acara Persetujuan Bersama antara Bupati dengan Pimpinan DPRD Kab. Langkat tentang Peraturan Daerah Kabupaten Langkat.

Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin sebelum menutup rapat meminta kepada Pemerintah Daerah untuk menyiapkan peraturan pendukung demi terlaksananya Perda sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Langkat.

Hadir dalam rapat paripurna itu, Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin, perwakilan Forkopimda, para Kepala OPD, Camat dan segenap Anggota DPRD Langkat. (pi/pendi)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *