Kodam I/BB

TMMD Bukti Nyata Kepedulian TNI Dengan Rakyat Kecil Demi Kesejahteraan

 

OKEBUNG|
Dizaman serba canggih sekarang ternyata masih banyak masyarakat yang belum menikmati fasilitas pembangunan yang layak di Indonesia.Salah satunya dikawasan pemukiman penduduk yang rata-rata pra sejahtera di kawasan Sicanang, Belawan,Medan,Sumatera Utara (Sumut).Pemukiman padat penduduk yang sebagian besar dikeliling rawa bakau ini selama ini kekurangan fasilitas buat mendukung kehidupan masyarakatnya.

Akibatnya,taraf hidup masyarakat didekat laut ini pun tidak berkembang.Namun,setelah masuknya Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 99 Kodim 0201/BS kekawasan tersebut masyarakat dan sejumlah pejabat di Belawan menyambut Positif.

Melalui Prajurit TNI,Polri dan dibantu masyarakat yang tergabung di Satgas TMMD ke 99 Kodim 0201/BS kawasan yang sebagian besar masyarakatnya mengais rupiah ke laut sebagai nelayan dan petani ini pun akan menikmati hasil kerja nyata melalui program pekerjaan fisiknya.

Berdasarkan data yang diperoleh okebung.com,memasuki hari ke 20 TMMD ke 99 Kodim 0201/BS telah merampungkan beberapa pekerjaan fisik meliputi , pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 18 Kel. Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan saat ini telah mencapai 51 persen.perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan telah rampung mencapai 100 persen,
.pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan mencapai 70 persen.

Kemudian untuk perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan telah rampung 100 persen,perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan mencapai 100 persen, perehapan SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kec. Medan Belawan Kota Medan telah tuntas mencapai 100 persen

“Untuk kegiatan fisik tambahan pembuatan Sumur Artesis dan Tower Air telah mencapai 100 persen dan pembuatan kamar mandi Sumur Artesis baru mencapai 75 persen,sedangkan untuk bedah rumah tidak layak huni milik ibu Arsanah mencapai telah mencapai 75 persen
serta rehab jalan semenisasi di Kampung Sentosa sepanjang 120 meter, lebar 2,5 meter mencapai 100 persen,”terang Dansatgas TMMD ke 99 Kodim 0201/BS Kolonel Inf Bambang Herqutanto melalui Plh Pasintel Kodim 0201/BS,Kapten Kav Prima,Minggu (23/07/2017).

Untuk kegiatan non fisik yang belum di laksanakan diantaranya Outbound, Bhaksos pengobatan massal dan pembagian sembako kepada masyarakat. “Guna membantu pekerjaan fisik peralatan yang dikerahkan diantaranya Hexavator 3 unit Beco Loader 1 unit,10 unit Dump Truk dan Yon Zipur,3 unit Truk Fuso,Cangkul dan Skop dan personel yang dikerahkan dalam kegiatan TMMD ini 110 orang (1 SSK Kompi)
Staf Satgas sebanyak 15 orang,Team Asistensi : 25 orang dan masyarakat setempat 15 orang,”sebut Kapten Kav Prima.

Dilokasi pekerjaan fisik,kata Prima cuacanya berubah terus sehingga dapat menghambat pekerjaan Satgas TMMD,namun hal itu bisa diatasi berkat gotong royong dan kerjasama antara TNI dan masyarakat. “Hambatannya yakni jalan dan jembatan menuju sasaran TMMD cuma satu- satunya dan kelebaran dua meter setengah , serta ramai oleh kegiatan masyarakat sehingga memperlambat mobilisasi material penimbunan jalan dan tantangan lain yakni banjir rob laut Belawan setiap hari- nya mengganggu pekerjaan jalan dan jembatan di lokasi TMMD,namun hal itu bisa diatas atas kerjasama Satgas dan masyarakat,”ungkap Prima menambahkan berkat doa dan kerjasama semua pekerjaan hingga saat ini berjalan lancar.(ryan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button