POLITIK

Anies Akui Siap Maju Jadi Capres 2024, Tiga Partai Beri Sinyal Dukungan…

JAKARTA (podiumindonesia.com)- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan secara terbuka kesiapannya maju sebagai calon presiden (capres) paa Pilpres 2024 jika ada partai yang bersedia mengusungnya. Pernyataan itu disampaikan kepada media di Singapura. Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta M Jamiluddin Ritonga melihat, kesiapan Anies tentu memberi kepastian bagi partai politik yang sejak awal memang ingin mengusungnya.

“Setidaknya Partai Demokrat, Nasdem, dan PKS yang sebelumnya sudah kerap menyebut Anies akan mendapat kepastian untuk mengusungnya,” kata Jamil kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Jamil memprediksi Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS tidak akan lama lagi mendeklarasikan koalisi untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.

“Kemungkinan deklarasi itu akan dilakukan tak lama setelah Anies purnabakti gubernur DKI Jakarta,” ujarnya. Menurut mantan Dekan FIKOM UII ini, kalau tiga partai tersebut segera mengusung Anies, maka peluang menyosialisasikannya akan dapat lebih intens dan terencana dengan baik.

Anies yang sudah purnabakti pun akan punya waktu yang cukup tanpa dibatasi protokoler untuk menemui masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

“Kalau peluang itu dimanfaatkan oleh partai pengusung, relawan, dan Anies sendiri, maka popularitas dan elektabilitas Anies akan semakin terkerek. Anies tinggal memperkenalkan diri di tengah masyarakat berdasarkan titik-titik yang ditetapkan partai pengusung dan relawan,” terangnya.

Dengan demikian, kata Jamil, Anies akan lebih leluasa turun ke bawah tanpa sekat-sekat birokrasi. Pendekatan demikian akan lebih mengena bagi masyarakat Indonesia. Momen unruk bertemu masyarakat setidaknya menjadi berita bagus bagi media massa.

Hal itu dengan sendirinya akan menjadi publikasi gratis bagi Anies untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya. “Karena itu, dengan diusungnya Anies oleh partai politik setelah purnabakti, akan memberi keuntungan untuk mendongkrak elektabilitas Anies. Saat purnabaktinya, Anies justru berpeluang menyalip elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo,” tandasnya. (snd/nt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button