POLITIK

Bupati Langkat: Mantapkan Otda Untuk Hadapi Tantangan MEA

 

Otda Langkat

STABAT (podiumindonesia.com) – Pemerintah Kabupaten Langkat memperingati hari Otonomi Daerah (Otda) ke 20 tahun 2016 yang berlangsung dihalaman kantor Bupati Langkat, Senin (25/4/2016).

Bertindak sebagai Pemimpin upacara Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH dan diikuti oleh Wabup Langkat H. Sulistianto, Sekda H Indra Salahudin, seluruh Staf Ahli dan Assisten, seluruh SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, Camat dan seluruh ASN se-Langkat dari tiap-tiap instansi baik itu Dinas, Kantor, Badan dan Bagian.

Mengawali sambutannya, Bupati Ngogesa menjelaskan bahwa tanggal 25 April terpilih sebagai hari Otda berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 1996 tahun 1996 tentang Otda.

“Tujuannya, untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otda di setiap tingaktan Pemerintahan,” kata Ngogesa.

Tambahnya, ada 5 inti pembahasan dari peringatan hari Otda tahun 2016 ini, yakni, peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing dan pengembangan demokrasi lokal.

Berikut penjelasan satu diantaranya menurut Ngogesa, seiring pemberlakuan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pemda beserta seluruh elemen Otda agar jangan jadi penonton dalam era persaingan ini, melalui pemantapan Otda, kita tidak akan kalah bersaing dengan Negara-negara yang berada dilingkungan Asean.

Diakhir sambutannya, Ngogesa mengumumkan Penyampaian SKPD terbaik terkait Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), tahun ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcatpil) berhasil menjadi terbaik pertama mengalahkan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) sebagai peringkat kedua dan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB dan PP) peringkat ketiga.

Peringkat keempat diraih Dispora dan Kecamatan Binjai sebagai peringkat keenam.

Secara bergantian, Bupati H Ngogesa, Wabup H Sulistianto, Sekda H Indra dan para Assisten memberikan piagam penghargaan kepada para SKPD yang berhasil menjadi yang terbaik pada penyampaian LPPD tahun 2015. (PI – lk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button