BUDAYA

Grup Jentera Malay Hibur Masyarakat Langkat

 

Metra Provsu

STABAT (podiumindonesia.com) – Grup Jentera Malay Langkat berhasil mengocok perut penonton ketika mementaskan cerita ‘Tabib Cinta dari Bagdad’, dalam lomba pementasan media tradisional kabupaten/kota se Sumut Tahun 2016 di auditorium RRI Jalan Medan, (20/4/2016).

Lomba pementasan yang mengusung tema ‘ Dengan Semangat Hari Jadi ke 68 Provinsi Sumut, Kita Perkuat Sinergitas Percepatan Pembangunan Sumut Maju’ itu diselenggarakan Dinas Kominfo Provinsi Sumut, dan diikuti 14 grup dari 14 kabupaten dan kota se Sumut dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Sumatera Utara Ir HT Erry Nurradi diwakili oleh Assisten Umum dan Asset Setdaprovsu Drs H Muhammad Fitrius SH.

Grup Jentera Malay asuhan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH yang dibina Humas dan Informasi Langkat Setdakab. Langkat dan Kantor Budaya Pariwisata Langkat tersebut menampilkan enam pelakon, tiga diantaranya Jamal, Didi Fitriadi dan Afiz yang merupakan personil Jamal ‘API 1’ .

Dilengkapi empat personil yang memainkan alat musik tradisional Melayu, dan tiga dara jelita yang membawakan tarian Melayu. Keikutsertaan grup dalam lomba didampingi Kabag Humas dan Informasi Langkat, Rizal Gunawan Gultom dan sejumlah stafnya.

Menurut Dedi, seorang penonton dari Labuhanbatu, keberhasilan Jamal Cs mengocok perut penonton, tidak terlepas dari kemampuan mereka melakukan improvisasi dalam mengkisahkan cerita “Tabib Cinta dari Bagdad’, ditengah situasi penonton yang jenuh.

“Umumnya penonton kan peserta yang berasal dari 14 kabupaten dan kota. Tampil sejak pagi secara bergiliran hingga menjelang maghrib, sehingga wajar kalau jenuh. Nah, dalam suasana itu, orang Langkat nomor urut 13 yang tampil setengah enam sore, berhasil mengobati kejenuhan,” ujar Dedi.

Penilaian Dedi, secara umum penampilan Jamal Cs sudah memuaskan, walaupun rezekinya hanya juara Harapan III. Pesan moral yang disampaikan, diantaranya soal KDRT dan pembebasan lingkungan Istana dari narkoba, bisa ditangkap penonton.

Pengumuman pemanang dilaksanakan usai maghrib, pada momen penutupan yang dilakukan Sekretaris Dinas Kominfo Sumut HM Ayub SE. Juara I Deli Serdang, Juara II Kota Medan, Juara III Humbahas Harapan I Samosir Harapan II Kota Tebing Tinggi dan Harapan III Langkat.

Dorong Masyarakat

Keikutsertaan Langkat dalam lomba pementasan media tradisonal tingkat Sumut, diharapkan dapat mendorong kalangan masyarakat Langkat untuk memelihara dan memanfaatkan seluruh potensi media tradisional yang ada di bumi Langkat berseri.

Harapan itu disampaikan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH dalam arahannya diwakili Asisten III Adm. Umum Setdakab Langkat Drs Sura Ukur, saat melepas keberangkat grup Jentera Malay di Serambi Jentera Malay rumah Dinas Bupati Langkat, (20/4/2016). Asisten III didampingi Kabag Humas, Rizal Gunawan Gultom dan Kasubag Penerbitan dan Pameran Sukiman.

Menurut Bupati, potensi media tradisonal lintas etnis di Langkat cukup banyak, dan mampu menjadi sarana membangkitkan kesadaran bersama tentang pentingnya pelestarian budaya dan kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat dalam menghadapi arus masuknya budaya asing ke Indonesia. (PI – lk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button