Kodam I/BB

Dandim 0205/TK Bersama Putri Indonesia dan Yayasan Gloria Hijaukan Hutan Lindung Dengan Tanam Pohon

 

OKEBUNG|
Saat ini bumi sedang mengalami masalah yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi ini. Saat ini lapisan ozon (O3) yang terdapat di atmosfer sebagai pelindungi bumi dari sinar ultra violet yang dipancarkan oleh sinar matahari mulai menipis. Atau peristiwa ini bisa juga disebut sebagai “Global Warming”. Global Warming itu sendiri diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri. Mereka menggunakan bahan-bahan yang mengandung gas-gas beracun misalnya seperti parfum, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dll. yang dapat mengurangi jumlah gas-gas yang berguna bagi manusia pada lapisan ozon itu sendiri.

Selain itu, saat ini dibumi tumbuhan hijau yang dijadikan sebagai tempat untuk fotosintesis demi mengurangi unsure gas yang berbahaya bagi manusia sudah mulai berkurang. Karena banyak sekali para manusia yang tidak memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar karena uang. Mereka itu dengan sengaja merusak hutan-hutan yang sangat berguna bagi bumi kita demi kepentingan pribadinya.Pada saat ini,manusia telah banyak yang sadar akan guna hutan. Akhirnya pemerintah mulai mulai melakukan penghijauan .

Seperti yang dilaksanakan Kodim 0205/TK bekerja sama dengan Putri Indonesia Lingkungan Sumut 2016, Yayasan Gloria dan My home Indonesia melakukan penghijauan di hutan lindung Desa Kuta Rakyat Kab.Karo Sumatera Utara (Sumut),Sabtu (15/07/2017).

Kodim 02015/TK yang dipimpin oleh Letkol Inf Agustatius Sitepu,M.Si,  tak pernah berhenti membina wilayahnya baik manusianya maupun lingkungannya.Dengan bekerja sama Yayasan Gloria dan My home Indonesia melakukan berbagai kegiatan sosial di Desa Kuta Rayat Kec.Naman Teran Kab.karo.

“Kegiatan sosial yang kita laksanakan diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, pengobatan gratis, pemberian buku bacaan dan yang tidak kalah penting adalah penghijauan di lahan hutan lindung yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan akibat perambahan liar,”ungkap,Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius .

Kegiatan pembukaan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dilaksanakan oleh Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu,M.Si, didampingi Muspika Kec.Naman Teran.Usai pembukaan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di lanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis yang dilakukan oleh Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, M.Si,didampingi oleh Putri Indonesia Lingkungan Sumut 2016 Sarah Desira Beru Panjaitan, Muspika Kecamatan.Naman Teran, perwakilan dari Yayasan Gloria dan My home Indonesia.

“Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1000 batang yang terdiri dari Pohon Mahoni, Pohon Ingul dan Pohon Meranti,kegiatan penanaman pohon tersebut bertujuan untuk menghijaukan hutan dan mengembalikan fungsi hutan yang sudah gundul akibat perambahan liar di hutan lindung Desa Kuta Rayat,”tegas Dandim.

Setelah penghijauan kegiatan di lanjutkan  dengan pemberian penyuluhan tentang pentingnya kebersihan dan cinta lingkungan kepada masyarakat Desa Kuta Rayat oleh Putri Indonesia Lingkungan Sumut 2016 Sarah Beru Panjaitan.

“Kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi   kondisi kesehatan pribadi dan lingkungan masyarakat untuk itu kepada masyarakat mari kita jaga dan rawat lingkungan yang sehat dan bersih sehingga anak dan cucu kita tetap sehat , “ ujar putri Indonesia 2016 sebagai Posisi runner up I mahasiswa  Fakultas Hukum USU.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu,M.Si,menambahkan bahwa kondisi hutan lindung yang gundul  ini bukan cuma tanggung jawab dinas kehutanan tetapi semua komponen masyarakat ikut menjaga dan merawat . “Kalau sudah kita tanam saya minta tolong kepada seluruh masyarakat  agar ikut memelihara dan menyadari bahwa hutan itu sangat penting,”harap perwira lulusan Akmil 1997.(Red )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button