POLITIK

Nelayan Pangkalan Susu Doakan Ngogesa Jadi Gubsu

 

LANGKAT (podiumindonesia.com) – Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH menyempatkan diri berkunjung ke daerah pesisir di Kecamatan Pangkalan Susu, Senin (30/1/2017).

Desa yang dikunjungi Ngogesa yakni Desa Beras Basah yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

Kedatangan orang nomor satu di Langkat ini disambut meriah, baik itu masyarakat Beras Basah maupun masyarakat yang berasal dari desa-desa se-Kecamatan Pangkalan Susu.

Dalam lawatannya, Ngogesa menyerahkan beragam bantuan kepada sejumlah Kelompok Nelayan, diantaranya bantuan kapal penangkapan ikan, jaring gembung 200 dan 400 mata, jaring bawal 100 mata, jaring cerubung, alat penghancur es, pancing, bubu Thailand, cool box, peralatan penasaran sederhana, asuransi nelayan, pembangunan rehabilitasi kolam dan tambak.

Secara simbolis Ngogesa juga memberikan bantuan kepada sejumlah Kelompok Nelayan berupa rehab tambak, bibit ikan kerapu, pembuatan bak pembenihan dan perlengkapan, long arm, induknya ikan nila 300 meter, 10rb bibit ikan lele dan 100kg pakan, 5rb ekor bibit nila dan 50kg pakan, mesin pelet ikan, mesin penepung, perbaikan sawah irigasi tambak dan benur udang vaname.

Dari data yang dihimpun Dinas Kelautan dan Perikanan Langkat, tidak hanya Kelompok Nelayan di Kecamatan Pangkalan Susu saja yang menerima bantuan, puluhan Kelompok Nelayan di beberapa kecamatan di Langkat juga menerima bantuan dari Ngogesa.

Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Kelompok Nelayan adalah langkah strategis Pemerintah Kabupaten Langkat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan nelayan-nelayan yang sehari-harinya memanfaatkan laut sebagai tempat mencari nafkah hidup.

“Dengan bantuan ini, para Nelayan di Langkat dapat mengelola dengan baik potensi sumber daya alam yang dimiliki Langkat,” katanya.

Lanjutnya, pemerintah sebagai fasilitator dan regulator akan terus berupaya mencanangkan program-program bantuan yang ditujukan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Karenanya, jasa dan upaya serta kerja keras para Nelayan harus terus dipantau dan diberikan dukungan sehingga Langkat dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah maritim di Indonesia, khususnya mengenai kesejahteraan masyarakat pesisir yang senantiasa menjadi polemik dalam kemajuan sebuah daerah,” harapnya.

Sementara itu, Terbit Rencana Perangin-angin SE memberikan apresiasi kepada masyarakat Beras Basah Pangkalan Susu atas sambutan meriah yang diberikan kepada Bupati Langkat dan dirinya selaku Ketua DPRD Langkat.

“Terima kasih pak Bupati, semoga nelayan di Langkat dapat terpacu semangatnya dalam mencari nafkah,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Langkat Subiyanto SE menjelaskan, dari 23 Kecamatan di Langkat, 9 diantaranya adalah daerah pinggiran pantai yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai Nelayan.

“Dan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan Nelayan di Langkat, Bupati memberi motivasi kepada Nelayan berupa bantuan agar semangat para Nelayan meningkat dan hasilnya, harapan terwujudnya Langkat yang maju dari sektor maritimnya dapat terwujud,” katanya. (PI-lk/rel)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button