POLITIK

Bupati Langkat Himbau Masyarakat Hormati Lambang Negara

 

Lambang Negara

Stabat (PODIUM) – Bupati Langkat, H Ngogesa SH amat menyayangkan terjadinya peristiwa terkait penurunan bendera merah putih di bahorok langkat yang dilakukan oleh wisatawan asing asal rusia (29/3/2016), karena bendera adalah lambang negara yang seharusnya dijaga kehormatannya oleh warga dan Negara manapun, terlebih lebih kita sebagai warga dan bangsa sendiri.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menghimbau masyarakat untuk lebih peduli dan menghormati simbol dan lambang-lambang Negara karena merupakan kewajiban setiap warga negara, sebagaimana yang diamanatkan UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

“Sebagai Kepala Daerah saya menghimbau masyarakat, untuk lebih peduli dan menghormati simbol dan lambang Negara. Kasus dugaan pelecehan terhadap lambang Negara yang terjadi harus kita jadikan pelajaran dan jangan bagi pelaku sudah seharusnya ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku” ungkap Bupati Ngogesa di Stabat, Kamis (31/3).

Menurut H Ngogesa, terlepas sengaja atau tidak, pelecehan terhadap lambang Negara Indonesia merupakan tindakan penghinaan bagi bangsa atau Negara yang dilakukan melukai hati seluruh elemen masyarakat Indonesia, tidak terkecuali keluarga pahlawan dan pejuang yang masih hidup”

H Ngogesa juga mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh warga masyarakat Bukit Lawang Kec. Bahorok Kab Langkat yang mencerminkan cinta akan tanah air, bangga akan negaranya yang menindak lanjuti permasalahan tersebut kepada pihak yang berwajib.

”Negara kita adalah negara hukum, sudah tepat permasalahan tersebut ditangani oleh penegak hukum,selanjutnya berkenaan dengan kajian hukum sepenuhnya permasalahan itu kita serahkan kepada aparat penegak hukum”tambah Ngogesa.

Selanjutnya Bupati Langkat mengharapkan elemen-elemen masyarakat Langkat, lembaga-lembaga sosial, lembaga masyarakat, organisasi masyarakat terlebih-lebih lagi para tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta tokoh agama untuk lebih meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan sosial, apalagi yang menyangkut kedaulatan bangsa dan Negara sekaligus memerintahkan Sekda Kab Langkat dr.H. Indra Salahudin untuk melakukan Evaluasi akan hal tersebut dengan melibatkan SKPD terkait.

Tokoh Masyarakat T.Zainuddin mengajak masyarakat bahwa Kepedulian terhadap simbol dan lambang Negara bisa diwujudkan dengan meningkatkan perhatian terhadap simbol dan lambang Negara.

“Jika kita melihat ada bendera merah putih jatuh atau terlepas ikatannya dari tali di tiang bendera, segera berinisiatif untuk mengatasinya. Kalau tidak mampu sendiri, ajak orang lain selanjutnya penghormatan, bisa diwujudkan dengan menghargai simbol dan lambang-lambang Negara dimaksud. Misalnya, menyimpan bendera merah putih di tempat yang lazim di rumah, ketika tidak digunakan,” ucap Tengku. (PI – lk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button