DAERAH

Syah Afandin Bangga Raimuna Sumut Ke-VIII Digelar di Langkat

 

LANGKAT (podiumindonesia.com)- Plt.Bupati Langkat H Syah Afandin yang juga selaku Kepala Mabicab Pramuka Langkat menghadiri upacara pembukaan Raimuna Daerah ke-VIII Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Lapangan Alun-alun T Amir Hamzah Stabat, Selasa (4/7/2023).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin merasa bahagia dan bangga atas pelaksanaan kegiatan raimuna daerah yang pada tahun ini dipercayakan pada Kabupaten Langkat sebagai tempat penyelenggaraannya.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara selaku Ketua Majelis pembimbing daerah gerakan Pramuka Sumatera Utara beserta rombongan salam masyarakat Langkat kami sampaikan,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan pembina pendamping raimuna daerah tahun 2023. Kiranya dapat mengikuti dengan baik dan penuh semangat dengan harapan dapat menjadi pengalaman tersendiri selama berada di Kabupaten Langkat.

Kemudian, dijelaskan Afandin, seperti diketahui Raimuna berasal dari bahasa ambai dari daerah yapen Waropen Papua yang berarti sekelompok orang dengan tujuan tertentu yang dijiwai oleh suatu kekuatan yang bernilai baik dengan memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan dan kesuksesan.

Didasari hal tersebut maka sampai saat ini gerakan Pramuka menggunakan Raimuna sebagai wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri meningkatkan kualitas dan pendorong kemajuan generasi bangsa.

“Raimuna daerah sekarang ini kita laksanakan dapat menjadi ajang bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pangega untuk menambah dan berbagi pengetahuan keterampilan serta memperluas wawasan sebagai bekal pengembangan diri dengan motivasi dan pengalaman didapat selama pelaksanaan daerah ini,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses serta mencapai sasaran sebagaimana tujuan pelaksanaannya dalam menciptakan generasi yang berkualitas mandiri, maju dan berkarakter dalam ikut serta mewujudkan Indonesia emas tahun 2045.

Gubernur Sumut menjelaskan komponen cadangan ini seperti adik – adik pramuka, garis besarnya. Kenapa komponen cadangan ada di Indonesia? Karena tidak melakukan latihan wajib militer di Indonesia namun dilakukan Bela Negara yang mewajibkan kita untuk kesiapan sebagai komponen cadangan itu lah Pramuka salah satunya.

“Anda harus berdiri dengan disiplin di lapangan ini, inilah suatu kegiatan latihan mental dan fisik kalian untuk menjadi sebagai kesiapan komponen bela negara, materi-materi kepramukaan ada di situs semaphore, ada morse ada talimenali, kompas, ada pengetahuan obat-obatan dan kegiatan-kegiatan lain di lapangan yang harus kalian kuasai sampai setingkat Mahir,” cetusnya. (ril/pi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button