POLITIK

Makmur Ginting Apresiasi Loka Karya Kajian Potensi PAD Langkat

 

komisi c langkatSTABAT (podiumindonesia.com) – Pemkab Langkat melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) gelar kegiatan Loka Karya kajian potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilaksanakan di gedung Pegnasos Stabat.

Sebagai peserta Loka Karya berasal dari PPAT dan Notaris, para SKPD yang mengelola PAD, para Camat dan KA.UPTD Pendapatan se-Langkat dan Staf Dispenda Kab.Langkat serta Lurah yang ada di Kecamayan Stabat.

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Asisten III Adm Umum Drs Sura Ukur mengatakan, kegiatan Loka Karya diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan PAD melalui potensi-potensi yang dimiliki oleh Pemkab. Langkat.

“Ini penting dilakukan, sehingga visi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RKPJ) Langkat dapat terealisasi dengan baik, dan akhirnya, masyarakat yang sejahtera dapat terwujud,” kata Ngogesa.

Ditambahkannya, mengenai maksud dan tujuan kegiatan, Ngogesa menuturkan bahwa ada 3 poin utama dan 7 poin pokok mengenai hal tersebut, 3 poin utama dimaksud yakni, meningkatkan pemahaman pentingnya pajak daerah dan retribusi daerah dalam menuangkan arah kebijakan pembangunan, mengidentifikasikan permasalahan dalam pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah serta mengidentifikasikan solusi dan rekomendasi terhadap permasalahan pajak daerah.

Sementara, untuk 7 poin pokok adalah memberikan pemahaman peraturan yang menjadi dasar pemungutan pajak dan retribusi daerah, memberikan pemahaman struktur PAD dan Belanja daerah, pemahaman mengenai komitmen meningkatkan PAD, menghimpun permasalahan yang mungkin terjadi dalam pengelolaan PAD, mengimplementasikan solusi dari permasalahan pengelolaan PAD, mampu mengemukakan permasalahan internal yang menjadi hambatan dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah serta mengidentifikasikan solusi terhadap permasalahan terjadi terhadap pemungutan pajak dan retribusi daerah.

“Manfaatkan kegiatan ini, dengan perbanyak diskusi, dialog, Tanya jawab guna bekal untuk melaksanakan tugas-tugas kedepannya yang semakin berat dan komplek” harap Ngogesa kepada peserta.

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Langkat Makmur Ginting SE yang hadir didampingi Sekretaris Komisi C DPRD Langkat Nurul Azhari.SE, dan Makruf Ritonga, memberikan apresiasi kegiatan Loka Karya yang dilakukan Pemkab. Langkat, peningkatan PAD sangat penting, sektor pariwisata, Instansi terkait harus menggali seluruh objek-objek wisata di Langkat guna dikembangkan menjadi sebuah tempat yang diminati oleh masyarakat, baik dari luar daerah maupun mancanegara.

Sebelumnya, Kadispenda Langkat Dra Muliani melaporkan, pada tahun 2015, target PAD Langkat sebesar Rp 111.750.322.000 dan tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 3,18 %, yaitu, Rp 115.313.351.000.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Loka Karya Kajian Potensi PAD, PAD di Langkat dapat lebih meningkat, dan SKPD yang mengelola PAD seperti Camat. KA.UPTD Pendapatan, dan Staf Dispenda Langkat dapat semakin termotivasi untuk meningkatkan PAD Langkat,” harap Kadispenda Langkat tersebut.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 26 s/d 28 April, dengan Narasumber berasal dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, yakni Ramon S. Bangun, B Markos Purba dan Frits Tri Yanto. Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, dan tamu undangan lainnya serta. (PI – lk)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button